nhk

MotoGP 2014 Kenny Roberts; Marquez Membalap Dengan Riang, Dominasinya Panjang

ManiakMotor – Kunci sakses Marc Marquez memerlakukan balapan dengan riang. Melenggang dengan motor yang agresif tapi presisi, ciri-ciri riang tersebut. Selagi di atas motor ini dianggap senang-senang, akan sulit dipatahankan dominasinya bertahun-tahun ke depan. Marquez akan mampu mengalirkan motornya di berbagai jenis sirkuit dengan tersenyum, kan riang.

Itu kata Legenda Amerika Kenny Roberts di MCN. Marquez menjadi rookie pertama juara dunia sejak Roberts melakukannya 1978. Ia percaya Marquez memiliki potensi bertahun-tahun untuk menjadi kekuatan tangguh baru di MotoGP. “Yang saya lihat musim ini, Marc membawa motor dengan rileks dalam keadaan ditekan mau pun menekan. Ia dengan senang hati melakukan itu,” jelas Roberts yang mematahkan pembalap Inggris Barry Sheene saat menjadi rookie juara.

Katanya lagi, Marquez antusias menjalankan ritual balapan di mana pun ia tampil. Marquez mencintai apa yang dia lakukan. Itu  akan menjadi kombinasi yang sulit untuk dikalahkan. Roberts mencontohkan dari 18 laga, Marquez 16 kali naik podium. Jatuh di Mugello pun, kata Roberts hanyalah perjalalan konsistensi untuk seorang pendatang baru di kelas para raja.

Ia juga mengingatkan soal perjalanan karir Marquez. Datang ke MotoGP tentu tidak langsung menarget juara dunia. Itu juga pernah menghinggapinya 19978 dan ternyata menjadi rookie juara dunia.  “Lalu, menjadi pusat perhatian daan harus berurusan dengan pers dunia,” jelas Roberts yang juara dunia pada 1978 sejak awal hanya yakin bisa, tapi tidak menarget, ya seperti Marquez yang pertama nongol hanya bilang belajar, belajar dan belajar.  

Potensi Marc ke depan terus berkembang karena dia membalap bukan dengan beban. Overtake terus menerus baginya hanya rintangan yang harus ditaklukan.  Pertarung demi pertarungan adalah kenikmatan yang ia cari. Menunggang motor dengan kecepatan penuh adalah tantangan menyengangkan. Begitu katanya dan masih banyak katanya-katanya Robrets terhadap Marquez, tapi yang ditulis ini adalah katanya yang paling pas. Ito

BACA JUGA

MotoGP; Kata Rossi Lorenzo Yang Terbaik 2013, Tapi Kok Juara Dunia Marquez, Ya???

MotoGP: Duka Mendalam Buat Nelson Mandela

MotoGP: Akhir Tahun Kelabu Bagi Rossi, Sibuk Main ke Gunung

Asia Talent Cup; Ke Aragon Coba Honda NFR250, Semua Ditanggung Dorna

 

BAGIKAN