nhk

MotoGP 2014: Kepincut Yamaha FTR, Ducati Masih Pikirkan Open Class

 

ManiakMotor – Hasil tes Sepang1 membuat Ducati sulit berpikir dan mengambil kesimpulan. Apakah merek Italia ini akan beralih dari tim pabrikan ke Open Class (OC) seperti santer terdengar atau tidak. Tapi, mereka harus ambil keputusan dan itulah yang akan ditentukan  pada tes Sepang2, 26-28 Februari nanti.

Memang tak mudah memilih, tak semudah memilih partai dalam pemilu nanti. Pasalnya, Desmosedici GP14 yang dipacu Andrea Dovisiozo mampu tampil menggiurkan di test Sepang1. Jauh lebih galak dibandingkan versi lama GP13 yang juga dicoba di lintasan Sepang untuk cari perbandingan.

GP14 bisa mencetak waktu 2:00,370 yang merupakan the best time Ducati di Sepang dalam beberapa tahun terakhir. Meski secara urutan hanya peringkat 7 tercepat di bawah para jagoan Yamaha dan Honda, harap dicatat kalau selisih waktu Dovi dengan Marc Marquez di pucuk waktu tercepat hanya 0,837 detik. “Itu positif mengingat GP14 baru kali ini dicoba secara signifikan. Kami mengumpulkan banyak data penting pada tes ini dan ada potensi pengembangan di beberapa area,” ujar MotoGP Project Manager Ducati, Paolo Ciabatti.

Tapi, kata Mas Ciabatti ini, fakta itu belum membuat Ducati yakin bertahan di tim pabrikan dengan andalan GP14-nya. Soalnya, mereka pun kepincut dengan pacuan Yamaha FTR milik Aleix Espargaro yang tampil trengginas di Sepang1 dengan menggilas tim satelit dan Ducati sendiri. Aleix bisa masuk 4 Besar loh, di bawah Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

“Kami mencermati kecepatan Aleix. Itu daya tarik tersendiri, Open Class layak jadi perhatian,” tambahnya. Terus, akan ke mana arah Ducati, Mas? “Pada saat ini kami belum membuat keputusan. Yang jelas, semuanya tengah dievaluasi, termasuk performa Ducati Open Class yang dikendarai Yonny (Hernandez). Pasti aka ada keputusan,” tegasnya.

Sebagai tambahan info, Ducati versi OC digeber Hernandez lalu jauh di bawah Yamaha FTR-nya Aleix. Hernandez hanya ke-18 dengan waktu 2:02,556. Kalah dari RCV1000R milik Nicky hayden dan Hiroshi Aoyama, bahkan kalah tipis dari Suzuki Test Team yang tengah belajar kembali ke MotoGP lewat Randy de Puniet. Kesimpulannya, Ducati versi OC belumlah menjanjikan banyak hal. Jadi, kalau GP14 masih bisa ditingkatkan dalam tes Sepang2 nanti, semoga saja itu jadi patokan agar tim pabrikan Italia itu bertahan di kastanya.

Bukan begitu, Mas Ciabatti? Andro

 

 

BAGIKAN