nhk

MotoGP 2014; Kinerja M1 Rossi Menggiurkan Dari Hasil Testing Sepang1

 

 

ManiakMotor  – Yamaha M1 2014 dibangun  atas masukkan Rossi dari pengalamannya 2013. Di saat sama ada beberapa titik mengalami perombakan terhadap regulasi 2014. Jadinya pas. Bukan kebetulan untuk tingkat MotoGP, hehe. Singkatnya menggiurkan memang, tapi ceritanya masih panjang bro. 

Sepanjang testing pertama di Sepang, 4 – 6 Februari lalu, Valentino Rossi melulu bicara keseimbangan Yamaha M1 yang  menggiurkan itu. Distribusi bobotnya oke yang otomatis tidak membuat kerja rem terbebani. M1-nya seimbang masuk-keluar tikungan. Nggak berat ke ke kiri atau ke kanan, nggak codong depan atau belakang, kan seimbang. Stabil, enak bolak-baliknya. Mantap saat dari melaju tiba-tiba ‘pelan’, apalagi adanya pengereman yang nyaris semua bobot pindah ke depan.

Nah kira-kira seperti itulah yang disebut distribusi bobot yang seimbang. Mirip-mirip saat testing di Aragon tahun lalu dan dua minggu kemudian, ia juara di Assen.  “Di hari pertama testing kru dan saya fokus pada distribusi bobot dan rem. Masalah rem sama sekali tak terdeteksi yang jadi kendala akut 2013,” omong Rossi soal kinerja mekaniknya dalam usaha menset-up M1.

Mental Rossi bangkit untuk lebih cepat yang ia khawatirkan tak muncul saat uji coba hari pertama dan kedua. M1-nya sudah seperti yang ia harapkan sesuai gaya mengemudinya. Ya faktanya walau latihan, ia mengaku baru pertama kali dalam karir balapnya bisa belari di bawah 2 menit di Sepang.

Untuk sementara, eh, seterusnya usaha mengganti mekanik dari Opa Jeremmy Burgess ke Pak Silvano Galbusera tak sia-sia belaka. Itu banyak artinya. Saat jaya-jayanya yang juga dengan M1 belum pernah ia bisa lakukan. Peran Galbusera yang dibilang Rossi menyetel motor sesuai kondisi saat itu, sirkuit dan gaya membalap ada benarnya.

Pak Galbu bisa menghapus beban pengereman, tentu saja bukan lewat corong penangkap angin untuk mendinginkan cakram. Tetapi lewat keseimbangan motor sehingga rem tidak menanggung beban berlebihan. Forsi pengereman mungkin juga berkurang lantaran motor mau diajak belok.

Jarak mengeremnya tidak sejauh tempo hari. Itu hanya mungkin dan prediksi portal ini sesuai cerita Rossi soal balance  M1-nya sangat positif. “Intinya feeling saya pada M1 2014 sangat baik. Yang saya harapkan dan cita-citakan tahun lalu ada di motor ini,” pungkas Rossi.

Semoga feelingnya berlanjut ke lomba. Sebab di situlah penentunya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014; Apa Kata Orang, Pedrosa Puas Selesaikan Test 1.062 Kilometer

Moto2/3 2014 Tes Valencia: Binaan Rossi Lumayan, Kallio Tercepat, Pengganti Topan Oke

MotoGP 2014: Honda Masih Bidik Lorenzo

MotoGP 2014: Kepincut Yamaha FTR, Ducati Masih Pikirkan Open Class

MotoGP 2014: Rossi Adalah Rossi, Itu Kata Marquez Dari Hasil Test Sepang-1

 

 

BAGIKAN