nhk

MotoGP 2014: Kinerja Rem M1 Rossi Katanya Sudah Sembuh, Nyaman..!

 

ManiakMotor – Masalah rem tahun lalu pada Yamaha M1 masih menghantui Valentino Rossi. Makanya sasaran utama ujicoba atau test di Sepang, Malaysia ini, adalah menedeteksi sistem tersebut. Katanya sih sudah nyaman dengan hasil kedua di hari pertama 4 Februari 2014.

Walau menurut Rossi ia sebenarnya bukan mengejar posisi. Yang ia uber target berlari di bawah 2 menit 1 detik. Catatan itu sebagai patokan enak tidaknya M1-nya. “Coba beberapa set-up berbeda untuk menghilangkan masalah pengereman, ternyata positif. Saya merasa nyaman menghentikan motor saat genting dengan kuat. Itu penting karena tahun lalu begitu sulit diatasi,” jelas Rossi dengan senyum khasnya.

Rossi mencetak 2 menit 0.804 detik atau tertinggal dari Marc Marquez 0.518 detik yang pertama. Catatan tersebut didapatnya 30 menit sebelum sesi latihan hari pertama ditutup.  Rossi sejak sesi dibuka memang memberi perlawanan. Sayang pembalap Yamaha Factory Racing itu tidak menyebut set-up macam mana yang membuat sistem pengeremannya katanya mulai oke. 

Yang pasti, bicara rem kaitannya banyak, bukan melulu tertuju pada perengkat rem itu sendiri.  Ilmu kira-kiranya, kepala mekanik baru Rossi, Pak Silvano Garbusera mengatasi dari M1 agar rem tidak bekerja terlalu berat alias bisa dibantu dari keseluruhan motornya.

Disebut kira-kira, lantaran pasukan YFR tidak menyebut detil yang diutak-atik pasukan Rossi dan memang tak bisa disebut gamblang. Lagian, M1 yang digunakan di Sepang sudah atas masukan Rossi sendiri. Seharunya, penyakit tahun lalu sudah bisa disir.  

“Pokoknya saya senang dan puas dengan hari pertama. Saya cepat sepanjang hari dan selalu dalam kelompok tiga besar. Besok-besok tinggal berusaha lebih dekat lagi dengan Marc (Marquez),” jelas Rossi sembari bercanda bahwa satu-satunya masalah pada hari pertama ia tak bisa melewati Marquez.

Siplah, semoga masalah rem nggak muncul-muncul lagi. Ito  

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Marquez Dan Pedrosa Geber RC213V Spek 2013, Beda Lacak Set-up

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Marquez Tercepat Hari Pembuka, Rossi Kalahkan Lorenzo

MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia: Gairah Rossi Tergambar Dalam Helm Baru

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Ducati Makin Santer ke Open Class Crutchlow Pasrah

 

 

BAGIKAN