nhk

MotoGP 2014: Kode Kompon Ditayang Tv, Penonton Dicerdaskan

 

ManiakMotor – Mulai seri pembuka GP Qatar pada 23 Maret nanti, nonton balapan MotoGP bisa lebih nyaman dan pintar. Sejak start penonton bisa mengetahui jenis ban yang digunakan masing-masing pembalap.

Valentino Rossi dan Marc Marquez misalnya pakai ban berbeda, sampeyan langsung bisa menganalisa kemungkinan-kemungkinan pemilihan itu. Tentu dengan mengkaitkannya dengan suhu lintasan, karakter sirkuit, jumlah laps dan kemauan si joki. Kalau sering begitu kan jadi pintar dan cerdas nantinya hehehe. Betul ora, Son?

Bridgestone selaku pemasok tunggal ban MotoGP memang ingin penonton lebih antusias. Caranya yang disebut di atas! Masing-masing tipe ban akan diberi warna garis tertentu dan dari jauh pun sampeyan bisa tentukan si pembalap pakai ban sangat lunak, lunak, agak keras, atau keras sekalian.

“Itu dimaksudkan agar penonton langsung tahu jenis ban yang digunakan amsing-masing pembalap. Terlebih karena  kini ada dua kelas, pabrikan dan Open Class, yang gunakan jenis ban berbeda sehingga fans pun langusng bisa mengetahui yang brsangkutan pembalap OC atau pabrikan,” tutur Hisoshi Yamada, Manajer Motorsports Bridgestone.

Jadi, kalau nanti sampeyan lihat Jorge Lorenzo pakai ban bergaris warna MERAH, itu artinya doski pakai ban berkompon keras (hard tyre). Garis HIJAU = kompon yang extra soft, Garis PUTIH = soft tyre, sedangkan hitam polos tanpa garis warna berarti ban yang komponnya medium.

Macam mana dengan ban bsah (wet tyre)? Karena jenis komponnya hanya dua, maka jika tak ada garis atau hitam polos maka itu tandanya berkompon keras. Kalau ada garis putih berarti kompon yang lebih lunak. Begitu Masbro! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Lihat Ducati, Suzuki pun Kepincut Main Open Class

MotoGP 2014: Ducati Diacak-acak, ‘Dibuang’ ke Kelas Factory2, Regulasi Desakan Honda???

MotoGP 2014 Jadwal Test Losail Qatar; 7 – 9 Maret Sore Sampai Malam, Tanpa Rossi

Moto2 2014: Koma Seminggu Pembalap Tech3 Mulai Sadar, Schumacher Masih Koma

 

 

 

BAGIKAN