nhk

MotoGP 2014; KTM Jual Mesin MotoGP Sebiji Rp 3 Miliar Untuk 2016

 

ManiakMotor – Merek Austria ini digaruk tanah berhasil membangun motor prototipe. Arena motocross dunia seperti MX1 mereka juara berkali-kali. MX1 posisinya sama dengan MotoGP, hanya beda aliran, juga beda tenarnya. Yang satu motocross dan satunya road race.

Di road race atau balap aspal di prototipe KTM juga sudah memulai dari kelas capung dengan prestasi yang gemilang. Di era 2-tak mereka ada di GP125 dan GP250. Di era 4-tak untuk GP125 berubah jadi Moto3 dengan  mesin 250 cc four stroke. Kelas ini merek yang punya moto Ready to Race itu juga pendobraknya. Sangat wajar KTM membidik kelas puncaknya, yakni MotoGP.  Lomba yang bukan sekadar arena racing, tapi juga promo sampai seantero dunia, termasuk riset untuk produk massal.

Stefan Pierer, CEO KTM telah woro-woro akan hal tersebut. Alasannya soal regulasi pada 2016 yang lebih mudah diikuti. “Revisi aturan MotoGP 2016 sangat besar. Sistem elektronik akan disamakan antar peserta. Ini yang menarik KTM untuk ikut bersama Suzuki dan Aprilia,” jelas Pierer.

Bahkan KTM telah siap dengan konstruksi dasar dan desain mesin protitipe mereka. Mesin tersebut sudah bisa diuji di meja dynotest Mei 2015. Selanjutnya bila sudah wujud motor akan diriset di sirkuit langsung sesuai perkembangan yang dibutuhkan. Acuannya mesin 1.000 cc sesuai batasan FIM dan Dorna. Bentuk mesinnya V4. Yang jelas tenaga harus 250 dk ke atas. Bila di bawah dari itu mendingan ikut WSBK, hehe.

Setahun penuh 2015 membangun motor pada MotoGP 2016 akan sesekali ambil bagian dengan fasilitas wild card. Ini sifatnya promosi langsung, siapa tahu ada tim yang tertarik membelinya. Maklum, KTM hanya sebagai pemasok mesin dan belum ada rencana seperti Suzuki kembali dengan tim utuhnya.

Harga mesin yang mereka sebut KTM RC16 itu sekiatar 150.000  – 200.000 Euro atau dirupiahkan Rp 2,5 miliar – Rp 3 miliar. Itu hanya sebiji atau per unit mesin, cui.  Aturan di MotoGP menggunakan lima mesin per musim, jadi setahun hanya untuk mesin sekitar Rp 15 Miliar. Itu belum termasuk sasis dan suspensi yang tak kalah mahal teknologinya yang disediakan oleh pembeli.

Belum lagi anggota tim, wahhhh, MotoGP memang mahal. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Semua Balap Dicicip Oleh Rossi

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika; Desain Mesin Ducati Akan Diubah Pada Sasis

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Hingga 2016 Marquez dan Pedrosa Tenggak Red Bull..!

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Meregalli Puji Rossi, Menanti Kemenangan

BAGIKAN