nhk

MotoGP 2014: Lagi, Honda Serius Ancam Mundur dari MotoGP

 

ManiakMotor – Dalam rapat terakhir  Grand Prix Comission di Paris pekan lalu, FIM dan Dorna Sports berencana memberlakukan ECU (Electronic Control Unit) standar dan seragam pada musim 2017. Seperti sebelumnya, kali ini pun rekasi Honda masih keras dan mengancam mundur dari balapan jika Dorna memaksakan regulasi itu.

Isu ECU stndar bukan hal baru. Tahun lalu pun sudah bergaung dengan rencana Dorna menggunakan perangkat elketronik buatan Magneti Marelli untuk seluruh tim MotoGP. Saat itu pula Honda melalui Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto menyatakan penolakan. Sebagai jalan tengah, muncul aturan baru yang memungkinkan tim pabrikan menggunakan ECU sendiri tapi dengan kapasitas bahan bakar jadi 20 liter. Beda dengan tim nonpabrikan yang pakai ECU standar dengan jatah 24 liter. 

Dengan alsan menyiapkan format balapan lebih murah meriah, Dorna kembali menggulirkan rencana ECU standar pada musim 2017.  Tenggat waktu demikian panjan diharapkan jadi persiapan yang cukup bagi semua tim untuk menyesuaikan diri.  Tapi, kali ini justru penolakan Nakamoto lebih keras. “Jika itu diberlakukan, 99% Honda akan pergi dari MotoGP,” tegasnya. 

Alasan Pak Bos seluruh kegiatan motosport Honda itu sama seperti sebelumnya. Alasan Honda mengikuti Grand Prix, katanya, tak lain adalah sebagai sarana untuk pengembangan teknologi mereka. Balapan adalah jalur yang sangat efektif untuk melakukan riset dan pengembangan. Demi hal itulah HRC rela mengeluarkan banyak biaya. ECU itu adalah area yang sangat vital, bisa dikatakan sebagai otaknya motor yang mengatur semua hal. 

“Honda bukan anak baru di arena ini. Jika Carmelo (Ezpeleta, bos Dorna) menutup kesempatan kami melakukan pengembangan maka tak ada alasan Honda untuk bertahan di MotoGP. Saya sudah tegaskan itu berulangkali dan saya tidak bercanda,” pungkas Nakamoto yang artinya sangat serius. 

Nah, beranikah Dorna memaksakan kehendaknya? Atau kembali cari-cari solusi seperti regulasi 2014 yang kompromistis? Soalnya, jika Honda cabut, bisa dibilang balapan ini tak lagi berkelas primer. Ajang Moto2 pun ikut tercemar karena semua mesinnya pakai Honda. Ayo Dorna, berani nggak lu, eh kamu? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: SSG Yamaha M1, Kurang Pentingkah?

MotoGP 2014; Jorge Lorenzo Perbaiki Konstruksi Tulangnya, Agar Fit 100%

MotoGP: Stoner Masih Setia Di Honda 2014

MotoGP 2014: Tanpa Rossi Bakal Redup, Dup, Dup, Dup… M1 Belum Klop

MotoGP 2014; Awal Rangka Teralis Ducati Yang Meringis

 

 

 

 

BAGIKAN