nhk

MotoGP 2014: Lagi-Lagi Contoh Rossi Dari Manajemen VR46, Marquez Serius Bisniskan Penggemar

 

ManiakMotor – Asal tahu saja masbro, Valentino Rossi banting tulang dan rela capek hati di MotoGP dalam umur yang mulai tuwir tak semata untuk diri sendiri. Doski begitu, antara lain demi penggemar dan tujuan berikutnya agar industri merchandise VR46-nya tetap menggurita.

VR46 bukan sekadar kumpulan penggemar, tapi juga lingkaran bisnis. Awalnya hanya menjual berbagai souvenir dengan embel-embel The Doctor, namun belakangan menjadi pabrik besar dan punya jaringan dagang dengan berbagai pihak. So, Rossi wajib menjaga pamor agar penggemar makin banyak dan selanjutnya terkait erat  dengan kepentingan bisnis VR46. Sebagai fans club, VR46 juga bisa bertindak macam biro travel yang mengkoordinir anggotanya nonton bareng ke berbagai sirkuit.

Serupa tapi tak sama, sepertinya akan begitu juga Marc Marquez mengelola penggemarnya. Seperti Rossi yang jadi panutannya, Marquez sadar betul pentingnya fansclub MM93 miliknya. Alur itu dipertegas MM saat meresmikan markas besar MM93 di kota kelahirannya, Cervera, Spanyol, pada Jumat (19/12).

Dengan duitnya yang makin banyak, tak sulit buat MM membangun gedung megah itu yang sekaligus semacam showroom untuk mendisplay berbagai macam souvenir berlabel MM93. “Ini hari yang spesial. Satu lagi mimpi yang terwujud, punya tempat yang bagus buat berkumpulnya penggemar sekaligus merancang berbagai event yang akan datang,” ujar Marquez soal gedung megah itu.

Fansclub yang didirikan pada 2010 (saat MM meraih titel 125cc) itu tadinya hanya menempati sebuah ruang kecil di restoran hotel, sekitar 200 meter dari rumah keluarga Marquez. Seiring dengan cemerlangnya Marquez sampai di MotoGP saat ini, kumpulan penggemarnya pun menggelembung ke mana-mana. Di Cervera saja yang penduduknya hanya 9.300 orang, kini tercatat 1.700 orang yang aktif di markas MM93.

Di bawah kendali Ramon Marquez, sang paman, MM93 tampaknya kini bergerak ke sektor bisnis dengan memaksimalkan ketenaran nama Marquez. Ya, bisa jadi akan tumbuh macam VR46 karena sodari kecil si Marquez memang sudah acap meniru apa saja yang dilakoni Rossi sang idola. Belakangan manajemen untuk mentenarkan Marquez sampai urusan bisnis, diam-diam ditangani manajemen VR46. Seperti itu kabar terakhir? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Rossi Incar Gelar Ke-10, Begini Komentar Marquez dan Lorenzo..!

MotoGP: FIM Tetapkan Regulasi 2015, Permak Total 2016, Penalty Pembalap Tak Pakai Adu Bacot..!

MotoGP 2015: Tiru Rossi Mereformasi Tim, Bos Menuntut Pedrosa Makin Kencang

Asia Talent Cup: Sentul Dihapus Dari Jadwal 2015, Tragis…!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353