nhk

MotoGP 2014: LCR Honda Tetap Dengan Pembalap Tunggal

 

ManiakMotor – Bos LCR Honda Lucio Cecchinello sepertinya harus menunda hasrat untuk memiliki dua pembalap di MotoGP 2014. Stefan Bradl masih jadi pembalap tunggal tim satelit Honda tersebut.

Tadinya Cecchinello punya rencana menambah joki timnya dengan membeli satu unit Honda RC213V versi produksi komersil yang dirilis HRC musim 2014. HRC akan memproduksi 5 unit motor versi ini sebagai kelanjutan dari penghapusan kelas CRT (Claiming Rule Team) tahun depan. Satu tempat baru ini dialokasikan untuk pembalap muda berbakat yang belum diketahui siapa.

Namun jelang musim 2013, Cecchinello pernah katakan berhasrat untuk mengambil pembalap Asia Tenggara seperti Indonesia. Sedangkan kursi utama tetap buat Stefan Bradl (Jerman) dan tetap menggeber RC213V versi pabrikan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Sayang, rencana dua pembalap itu tak dapat restu HRC. Honda memprogram tim satelitnya itu tetap dengan kondisi saat ini, satu pembalap tunggal dengan jatah pacuan spek pabrikan. “Meski harga motor komersil lebih murah dari  prototype RC213V, tapi tetap Lucio saja membutuhkan dana besar. Tak hanya perlu membeli motor dengan kisaran harga 800.000 sampai 900.000 poundsterling, tapi harus ditambah biaya pembalap, menggaji tim mekanik dan sebagainya. Jadi, saya pikir sebaiknya Lucio fokus pada satu motor dan pembalap,” ujar bos Honda Livio Suppo.

Sesuai regulasi 2014, kelas CRT memang terbuang pada musim depan. Gantinya, HRC memproduksi lima unit pacuan komersil RC213V yang speknya tentu di bawah kelas tim satelit dan dijual kepada tim independen. Pesaingnya, Yamaha pun memproduksi mesin YZR-M1 dan disewakan pada peminat.

Di sisi lain, Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto mengatakan sudah ada sejumlah calon pembeli RC213V produksi komersilnya meski belum final. Ia yakin pada saatnya nanti, lima unit pacuan khusus itu akan laris manis. Kabarnya, pesanan terakhir ditutup pada akhir Juli ini. “Saat tes resmi di Valencia (November) akan ada beberapa unit yang ikut tes. Selanjutnya pembeli sudah bisa pakai itu motor saat tes berikutnya di Sepang (Februari 2014),” terang Nakamoto.

Nah, tinggal sampeyan tunggu deh bagaimana kompetisinya tahun depan dengan keberadaan tiga model RC213V dengan spesifikasi berbeda. Akan lebih serukah atau sami mawon? Andro

BAca Juga

MotoGP 2013 (Jelang Belanda): Tak Mau Dibau-Baui, Bautista Balik Sindir Rossi

MotoGP 2013: Lorenzo Ngeluh Lawan Spanyol, Doakan Crutchlow Juara

MotoGP 2013; Paket Suspensi Bikin Rossi Paling Nyaman Saat Ini

MotoGP 2015: Thailand Tuan Rumah, Indonesia Masih Omdo

BAGIKAN