nhk

MotoGP 2014 Le Mans (Jelang FP3): Yamaha Rawan, Rossi Ubah Target, Lorenzo Masih Yakin


ManiakMotor – Tak ada yang happy di kubu Movistar Yamaha di hari pertama GP Prancis. Sabtu (17/5) ini sangat krusial bagi Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Posisi JL dan VR terbilang buruk FP1 dan 2. JL ke-7 dan Rossi ke-10. Bagi VR46, itu berarti hanya sepersekian detik dari zona Q1. Ia hanya unggul 0.008 detik atas Pol Espargaro (Tech3). Jika  gagal di FP3 dan keluar dari 10 besar  maka ia akan berjuang dari Q1 menuju Q2.

Terlalu dini membayangkan pembalap sekelas Rossi masuk zona Q1. Bukan mustahil melihat banyaknya problem sepanjang sesi Jumat. Berbagai varian set-up dicoba, tak ada yang cocok. Basis setingan yang susah payah disusun dari tes Jerez sama sekali tak berkontribusi. Lagi-lagi, akselerasi menjadi problem utama The Doctor di LeMans yang beberapa tikungan masuk diawali rem deras dan pasti diikuti akselerasi keras. Elektronik diutak-atik, tapi tak kunjung sembuh.

Riskan karena pada waktu bersamaan para pembalap satelit Honda, Yamaha, bahkan Ducati pun merasakan performa apik di LeMans. Rilis tim, JL merasa bisa mengembangkan kecepatan pada sesi Sabtu ini. Kemarin ia memang tak bernafsu mencari waktu terbaik karena fokus set-up, khususnya ban yang daya tahannya ia coba semaksimal mungkin. “Saya yakin dengan ban segar nanti di FP3 bisa lebih cepat setengah detik. Motor sudah konstan kok,” kata Lorenzo.

Beda dengan VR yang tadinya target start front row  melawan Marquez. Dengan kondisi awal dan perjuangan yang belum jelas hasilnya pada FP3 hari ini. Harus meningkat atau minmal tetap di 10 besar akumulasi FP1, 2 dan 3. Setelah itu baru pemantapan  di FP4 sebelum kualifikasi.

Dan, The Doctor pun tak lagi yakin bisa mengambil start baris depan seperti janji awal. “Setidaknya start di kelompok 5 Besar. Itu sangat penting di LeMans,” katanya, dan itulah yang diperjuangkan sepanjang Sabtu ini. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi & Kelas 16 – 18 Mei 2014

MotoGP 2014 Le Mans Prancis (Jelang FP3/Q2); Gaya Marquez Selalu Cepat, Pedrosa Masih Bengkak

MotoGP 2014 Prancis Jelang FP3/Q2; Setelan M1 Rossi Banyak Berubah Di Le Mans

MotoGP 2014 Le Mans Prancis Jelang FP3/Q2; Gebrakan Ducati Iannone

MotoGP 2014 Le Mans Prancis FP2; Marquez Lagi Tercepat Latihan Bebas Kedua, Rossi Ke-10

 

 

 

BAGIKAN