nhk

MotoGP 2014 Le Mans Prancis (Jelang FP3/Q2); Gaya Marquez Selalu Cepat, Pedrosa Masih Bengkak

 

ManiakMotor – Yang bikin Marc Marquez segera beradaptasi dengan semua sirkuit adalah taktiknya, sebut saja gaya. Gayanya masuk keluar tikungan memang beda dari teknik joki MotoGP saat ini. Masuk tikungan roda belakang digeser agar tajam masuknya, tinggal sikunya (elbow) yang mengatur tingkat kemiringan motor. Sebelum usai radius tikung, motor sudah ditegakkan untuk siap diberi tenaga.

Skill seperti itu nyatanya unggul saat semua kontestan masih meraba set-up motor dan menghapal ulang sirkuit. Termasuk di hari Jumat 16 Mei  di FP1 dan FP2 ronde 5 MotoGP 2014 di sirkuit Le Mans, Prancis. Marquez awal-awal sesi belum peduli dengan set-up cocok atau tidak dengan sirkuit, lantaran pakem jalur sirkuit yang diutak-atik lebih dulu dengan taktiknya.

Fakta lain di FP1 saat ia tercepat masih menggunakan basis setelan Jerez. Tapi itu omongannya. Lantaran tim sekaliber Repsol Honda Team pasti punya data soal Le Mans. “Memang mulainya pakai basis set-up Jerez. Sore baru ditingkatkan sesuai hasil FP1  terutama dengan ban. Hasilnya nyaman,” kata Marquez yang barusan teken kontrak ulang dengan timnya sampai 2016.

Jurus Marquez pastilah lebih cepat dari motornya. Maksudnya, Marqueznya yang laju, ditambah motornya memang oke, ya makin okelah. Maka dari bertambahnya sesi, set-up makin dapat sesuai sirkuit danjurusnya makin menjadi-jadi. Ya saban akhir sesi namanya pun selalu muncul yang tercepat.

Apalagi di Le Mans ini, Marquez janji akan meningkatkan kecepatannya di FP3 yang berlangsung Sabtu 17 Mei. “Terutama akan coba kombinasi ban lunak  dan medium. Mana yang paling enak untuk ancang-ancang lomba,” jelas Marquez yang yakin akan lebih cepat lantaran semakin banyak serbuk kompon ban kontestan menempel di trek yang bikin ban makin senyawa dengan aspal.

Beda lagi dengan rekan setimnya, Dani Pedrosa. Pedrosa memang di awal-awal sesi hanya ingin merasakan dampak operasi lengannya 10 hari lalu. Bekasnya masih bengkak. “Saya harus hati-hati bermanuver untuk tidak terlalu keras. Sejauh ini cukup baik,” jelas Pedrosa yang tahun lalu juara pertama di Le Mans dan dari akumulasi FP1 dan FP2 doski berada di posisi ke-5.

Semoga sehat-sehat saja, bro. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi & Kelas 16 – 18 Mei 2014

MotoGP 2014 Prancis Jelang FP3/Q2; Setelan M1 Rossi Banyak Berubah Di Le Mans

MotoGP 2014 Le Mans Prancis Jelang FP3/Q2; Gebrakan Ducati Iannone

MotoGP 2014 Le Mans Prancis FP2; Marquez Lagi Tercepat Latihan Bebas Kedua, Rossi Ke-10

MotoGP 2014 Le Mans Prancis FP1; Marquez Tercepat Latihan Bebas Pertama, Rossi Ke-3

       

BAGIKAN