nhk

MotoGP 2014 LeMans Prancis (Jelang Race): Rossi Tetap Yakin Bisa Saingi Marquez

ManiakMotor – Komposisi starting grid GP Prancis pada Minggu (18/5) asyik untuk dinantikan. Untuk kali pertama Marc Marquez (Repsol Honda) start bersebelahan dengan musuh lamanya, Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech3). Di front row pula.

Di sebelah mereka ada Andrea Dovisiozo (Ducati) membuat sulit membayangkan kira-kira apa yang akan terjadi selepas start. Apalagi di second row persis di belakang mereka ada Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang sudah terbukti jago banget di garis start.

Rossi sendiri mengaku happy dengan formasi itu. Urutan kelima bukanlah hal yang harus dikeluhkan. Ia justru puas dengan setingan terbarunya yang memang terlihat di FP3 dan Q2 lebih anteng. Jauh lebih baik akselerasinya dibanding  sesi Jumat berkat mapping elektronik. “Sebelumnya sulit menempatkan motor pada racing line. Akselerasinya pun lemah. Hari ini jauh berbeda, saya puas. Sebenarnya punya potensi tiga besar di Q2, tapi posisi kelima pun sudah oke,” kata Rossi sembari ancungkan jempol.

Ia akui harus menjaga Lorenzo dan Dani Pedrosa (start urutan 9) selepas start nanti dan selanjutnya coba menyaingi Marquez.  “Marc sangat cepat, tapi saya yakin bisa melawannya,” tegas The Doctor. Asal tahu saja, saat Marquez ikut jumpa pers tiga pemenang Q2, ucapannya tetap mewaspadai Rossi.

Hal sama diapungkan Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha. Menurutnya, hasil Q2 tidaklah menggambarkan kecepatan M1 sesungguhnya. Bisa dibuat lebih kencang lagi dan itu yang akan dilakukan di balapan.

Lomba di Le Mans berlangsung 28 lap. Maka bukan saja daya tahan fisik The Doctor melibas tikungan bolak-balik alias berbalasan atau chicane, juga durabilitas ban yang beberapa kali mengganjal laju The Doctor. Jika  itu bisa diatasi, tak mustahil Rossi kembali naik podium, bahkan seperti janjinya menyaingi Marquez ke panggung nomor satu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi & Kelas 16 – 18 Mei 2014

MotoGP 2014 Le Mans Prancis Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi Disusul Pol dan Dovi

MotoGP 2014 Le Mans Prancis FP4; Marquez Kembali Kencang

MotoGP 2014 Le Mans Prancis FP3; Rossi Pangkas 1 Detik, Lorenzo Tercepat

 

BAGIKAN