nhk

MotoGP 2014: Lorenzo ke Ducati, Isu Liar atau Terencana?

ManiakMotor – Stasiun radio Onda Cero di Spanyol bikin geger dunia MotoGP.  Dengan nada meyakinkan mereka siarkan berita Jorge Lorenzo akan perkuat Ducati di musim 2015. Sebuah permainan di dunia para professional?

Dijelaskan, JL telah bikin kesepakatan awal dan akan dikontrak dengan nilai 15 juta Euro per tahun. Coba dirupiahkan, jadinya sekitar Rp 225 miliar! Itu baru gaji. Belum bonus dan iklan plus performance fee kala berpromosi. Dana yang hampir sama didapat Valentino Rossi tat kala dirayu ulang ke Yamaha???

Sontak dibantah petinggi Yamaha Lin Jarvis yang tengah berada di Jakarta bersama pembalapnya. Menurutnya itu tak bisa dipercaya. Manajer JL Wilco Zeelenberg pun lontarkan bantahan sama lewat MCN. “Kami tahu tim pabrikan lain mengagumi skill yang dimiliki Jorge. Wajar kalau ia dilirik, tapi saya bakal sangat benci jika ia tinggalkan Yamaha. Sangat penting untuk mempertahankannya dalam tim ini,” katanya.

Jawaban JL bisa ditebak akan mengambang seperti sebelumnya. Pada 2009 ia pun dikaitkan dengan Ducati. Dua bulan lalu ia bahkan diisukan bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda musim 2015. “Saya di Yamaha sampai akhir 2014. Yang saya pikirkan dan fokus adalah bagaimana meraih gelar bersama Yamaha pada tahun ini. Saya tak tahu dan belum pikirkan apa yang terjadi tahun berikutnya,” ujarnya di sela-sela kunjungan ke Indonesia.

Sejauh ini belum bisa disimpulkan apa pun dari berita Onda Cero itu. Bisa benar begitu berita yang mereka dapatkan, bisa pula isu liar, tapi juga bisa berupa isu yang memang didesain secara terencana. Dalam dunia olahraga professional seperti sepakbola, basket, dan motorsport macam F1, isu demikian acap dilemparkan untuk mengukur nilai pasar atlet tertentu.

Pada tahap berikutnya, hal beginian bisa jadi alat tawar-menawar soal gaji, fasilitas dan semacamnya. Apakah ada pihak JL atau yang lain tengah bermain, ya ndak tahu Brosist! Namanya juga analisa dan Ilmu kira-kira hehehe. Bila benar didesain, termasuk Yamaha akan mempertahankan dengan dana yang lebih besar juga.

Satu hal lagi adalah Ducati sampai saat ini masih di persimpangan jalan, apakah bertahan sebagai tim pabrikan dan siap digebuki Honda dan Yamaha, atau beralih ke Open Class menjadi ‘raja kecil’.  Nah, dengan posisi semacam itu apakah logis Ducati saat ini mengikat JL dengan pra kontrak untuk 2015 guna gantikan Andrea Dovisiozo?

Silakan simpulkan sendiri Masbro dan waktulah yang akan menentukan. Kan sudah jelas dibilang tahun 2015. Apalagi bila angpaunya gede. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Semangati Rossi – Lorenzo Dari Kemayoran

MotoGP 2014: Yamaha Dukung Jokowi

MotoGP 2014: Livery Baru Yamaha, Diluncurkan di Jakarta..!

 

 

BAGIKAN