nhk

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3; Posisi Rossi Normal Ukuran Hari Pertama, Lorenzo Protes

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sempat ke-5 dari jejeran pembalap pabrikan, ia yang paling unggul. Tapi di akhir sesi freepractice 1 atau FP1, Kamis 20 Maret 2014 di Losail, Qatar  ia hanya ke-7. Posisi itu kedua terbaik untuk pembalap inti  pabrikan, sebab di depannya masih ada Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang ke-6.

Bila diukur sama-sama tanpa latihan pendahulu seperti dilakukan Open Class (OC) dan tim satelit di Losail, bisa saja Pedrosa pertama dan Rossi kedua. Maklumlah, OC dan satelit dua minggu lalu punya kesempatan tiga hari latihan di situ. “Posisi ke-7 cukup normal untuk ukuran hari pertama tampil. Setahun penuh loh, baru datang lagi ke sini,” jelas Rossi yang membela Movistar Yamaha MotoGP tersebut.

Rossi masih menyesuaikan kompon dan mempelajari arah settingan sesuai kondisi trek Losail sekarang yang sedikit berpasir. Ya, namanya juga sirkuit di padang pasir. Sebut pasir pastilah bikin joki rada ‘ngeper’, apalagi setahun tak pernah tengok Losail. Belum lagi, sisa-sisa karet pada motor peserta belum banyak tergerus membentuk racing line. Biasanya semakin banyak dijejaki akan otomatis serbuk kompon yang ditinggalkan ban peserta bikin lengket trek.   

The Doctor juga bilang, normal-normal saja pemain OC dan satelit bisa mengembangkan kecepatan mereka sejak sesi FP1 dibuka. Mereka punya pegangan set-up dan penganalan lebih dulu, karena sudah duluan ujicoba pramusim. “Hari kedua saya harus bekerja keras untuk mempercepat kesenjangan dengan pembalap OC dan satelit. Saya pikir kondisi trek akan semakin baik di FP2 dan FP3,” jelas Rossi yang tetap optimis.

Beda dengan Jorge Lorenzo yang protes masalah ban yang membuatnya ke-9 di FP1. Katanya, gejala ban baru yang disuplai panitia ama dengan di Sepang. “Ban belakangan sangat sedikit gripnya. Saya berharap hari kedua, ban akan senyawa dengan sirkuit,” harap Lorenzo.

Semoga deh. Ito

 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 2014, Semua Sesi & Kelas, 20 – 23 Maret

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3; Serbuan Aleix Merontokkan Joki Pabrik

MotoGP 2014 Losail Qatar: FP1 Dipegang Aleix Espargaro Dari Open Class

MotoGP 2014 Losail Qatar; Joki Papan Atas Waspada Pada Open Class

MotoGP 2014 Jelang Qatar: Ban Paling Krusial, Pedrosa Cermati Aleix

 

 

 

 

BAGIKAN