nhk

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3; Serbuan Aleix Merontokkan Joki Pabrik

 

ManiakMotor – Aleix Espargaro tidak menampik punya keuntungan dibanding pembalap pbarikan di sirkuit Losail, Qatar. Terutama dalam sesi freepractice 1 (FP1) yang berlangsung 20 Maret 2014. Doi dua minggu lalu menjalani latihan tiga hari di tempat sama dalam diprogram test pramusim khusus tim satelit dan Open Class.

Di waktu bersamaan pembalap pabrikan Yamaha, Honda dan Ducati ke Philip Island, Oztrali. Maka Aleix punya modal penyesuaian awal sirkuit yang diadakan malam. Joki pabrik masik kucak-kucak mata, ia sudah melek duluan dengan sinar lampu Losail untuk menyapu trek. Tentu juga sudah dapat set-up Yamaha FTR-nya lebih duluan ketimbang pabrikan yang masih cari-cari.

Aleix mengakui keuntungan tersebut. “Awal yang baik untuk feeling sesi selanjutnya. Tapi, saya punya kelebihan dibandingkan dengan pembalap pabrik, saya telah melakukan test di sini dua minggu lalu. Keuntungannya pada set-up yang sudah di tangan, tinggal melanjutkan setelannya pada sesi-sesi selanjutnya,” tutur Aleix yang membela NGM Forward Racing tersebut.

Ia pun bisa mengembangkan kecepatan dangan variasi pilihan ban lembut dan keras, walau kompon milik Open Class sebenarnya lebih lembut dari milik pabrikan. “Saya tidak terlena dengan hasil FP1. Yang paling utama raceday pada Minggu nanti,” wanti Aleix yang memang diprediksi akan mengancam dominasi pabrikan.

Espargaro sejak awal sesi sudah memimpin, ia hanya sesaat dilibas Alvaro Bautista yang memakai RC213V milik Honda Gresini. Catatannya dengan ban hard adalah 1’55 koma besar. Tapi saat pakai ban lunak, sekali putar sirkuit Losail dibikinnya jadi 1’55.201.

Nah tunggu FP2 dan FP3 hari ini atau Jumat 21 Maret 2014 saat pembalap pabrik mulai mengenal medan, apakah Aleix masih bertahan? Ito


BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 2014, Semua Sesi & Kelas, 20 – 23 Maret

MotoGP 2014 Losail Qatar: FP1 Dipegang Aleix Espargaro Dari Open Class

MotoGP 2014 Losail Qatar; Joki Papan Atas Waspada Pada Open Class

MotoGP 2014 Jelang Qatar: Ban Paling Krusial, Pedrosa Cermati Aleix

MotoGP 2014 Losail Qatar: Lorenzo Mulai Jaga Rossi Yang Lapar Juara

 

 

BAGIKAN