nhk

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang Q2; Hati-Hati Ducati Bisa Mencuri Hati

ManiakMotor – Alasan pabrik tidak ikut test dua minggu lalu, lantas anak-anak satelit dan Open Class yang merajai Free Practice, boleh disimpan dulu. Faktanya Andrea Dovizioso, pembalap Ducati yang tidak ikut latihan saat itu. Ia ikut bersama Rossi cs tes ke Philip Island. Di FP2, Dovi bisa ke-2 dan FP3 ke-4 mengalahkan pabrikan di Losail, Qatar, 21 Maret 2014.

Boleh status Open Class (OC). Justru celah regulasi OC yang dipakai para teknisi Ducati untuk melejitkan motor mereka. Mungkin – hanya mungkin – jika ikut kelas pabrik ada komponen yang tak bisa diumbar demi daya tahan mesin, lantaran dicekik 5 unit mesin semusim, di OC sekat itu ‘dibuka’. Hitungannya, tersedia 12 mesin semusim. Silakan satu mesin disiksa untuk seri pembuka demi sebuah nama di depan.

Toh yang dicapai adalah kecepatan. Janganlah heran di data top speed Dovi yang paling kencang dengan 348.3 km/jam di trek lurus Losail, tanpa mengabaikan tikungan-tikungan berkecepatan rendah. Kan, kan, kan… logikanya bila memilih top speed tinggi yang dikorbankan akseleras awalnya. Top speed tersebut didapat Dovi pada sesi FP2 saat doski ke-2.

Hasilnya, untuk sementara Dovizioso bisa membawa tuh Desmosedici GP14 di Losail 1’55,250 atau ke-4 dari kombinasi sesi latihan bebas. Itu bekalnya menuju Qualifying 2 nanti malam. “Hebat rasanya bisa ke depan bersama pembalap yang sudah latihan duluan di Losail. Itu tujuan tim di sesi latihan ini,” jelas Dovi dengan nada semangat di dalamnya sembari bilang GP14-nya pas untuk ban lunak dan keras.

Melejitnya Ducati yang lain harus hati-hati, musuh-musuhnya. Sebab bukan hanya Dovi wakil Ducati yang berada di papan atas sesi latihan. Pembalap Pramac Ducati Andrea Iannone malah dari kombinasi tiga FP berada kedua. Tandanya Ducati memang harus dihitung. Kecuali Cul Crutchlow harus melewati Q1, lantaran berada di posisi 12. Masih jauh dia. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 2014, Semua Sesi & Kelas, 20 – 23 Maret

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang Q2; Solusi M1 Rossi-Lorenzo Terpuruk Di Sesi Latihan

MotoGP 2014 Losail Qatar FP3; Aleix Makin Kencang, Rossi Ke-9

MotoGP 2014 Losail Qatar FP2: Aleix Tercepat, Disusul Dovizioso, Sama-Sama Open Class

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3: Espargaro vs Espargaro, Potensi Tarung Bareng

 

 

BAGIKAN