nhk

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang Q2; Solusi M1 Rossi-Lorenzo Terpuruk Di Sesi Latihan

 

ManiakMotor – Babak belur penampilan duet Movistar Yamaha MotoGP di latihan bebas. Hari kedua sesi free practice 2 dan 3 untuk seri perdana MotoGP, Jumat 21 Maret 2014 di Losail, Qatar, posisi Jorge Lorenzo ke-7 dan Valentino Rossi ke-9 di FP3.  Sedang di FP2, Rossi ke-9 dan JL ke-11. Tak ada peningkatan signifikan dari hari pertama. Itu dibanding pembalap pabrik Honda Marc Marquez yang barusan cidera dan silakan lihat di hasil.

Dari komentar Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, keduanya masih seputaran kurangnya pegangan kompon dari trek. Ban baru belakang yang dipasok Bridgestone katanya masih sulit motor dibetot di dalam tikungan. Sama saja untuk  sementara gagal dapat set-up suspensi dan power Yamaha M1 untuk mengajak kompon senyawa dengan lintasan.

“Situasi grip ban belakang tetap sama dengan hari pertama. Dari segi waktu memang ada peningkatan, tidak tertinggal 1 detik dari yang tercepat,” jelas Lorenzo yang berharap dapat melaju di FP4 dan terutama saat kualifikasi pada hari ketiga di Losail.  Lorenzo mencetak 1’55,495 atau tertinggal 0.722 detik dari yang tercepat dipegang Aleix Espargaro si menunggang Yamaha FTR mewakili Open Class.

Sama dengan Rossi yang sudah muter-muter Losail dengan usaha keras melacak settingan ban, tapi tak ketemu-ketemu. Ia hanya dapat 1’55,495 atau selisih 0.995 detik dari Aleix, nyaris satu detik. Dari akumulasi tiga FP, Rossi ke-10, waw. Macam mana? “Masalahnya sama, ban. Tapi semoga di kualifikasi lebih cepat sebagai modal untuk start saat lomba,” harap Rossi yang malah memuji Aleix yang punya kecepatan konstan dan terus cepat.

Yang namanya kurap grip memang mati gaya. Seperti alas kaki sampeyan yang licin, tidak nyaman melangkah. Tenaga motor kurang tersalur ke lintasan. Power M1 yang besar itu mubazir. Tapi, tenang, tenang, tenang, petinggi Movistar Yamaha MotoGP telah menjamin telah ada solusi baru agar ban bersahabat dengan suhu malam Losail.

Solusi tersebut digali malam-malam usai FP3 sesuai data yang dikumpul dan dikonsultasikan pada pemasok ban. “Data ini akan kami coba di FP4 sebelum Q2. Kami yakin akan lolos dari keadaan hari pertama dan kedua yang tak mungkin pembalap bisa lebih kencang,” jelas Direktur Tim Massimo Meregalli sembari bilang situasi ditambah dengan melajunya pemain Open Class dan satelit yang dua minggu lalu latihan di Losail.

Yes bos, jangan panik. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 2014, Semua Sesi & Kelas, 20 – 23 Maret

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3; Posisi Rossi Normal Ukuran Hari Pertama, Lorenzo Protes

MotoGP 2014 Losail Qatar FP3; Aleix Makin Kencang, Rossi Ke-9

MotoGP 2014 Losail Qatar FP2: Aleix Tercepat, Disusul Dovizioso, Sama-Sama Open Class

MotoGP 2014 Losail Qatar Jelang FP2-FP3: Espargaro vs Espargaro, Potensi Tarung Bareng

MotoGP 2014 Qatar Jelang FP2-FP3: Berusaha Tampil Alamiah, Marquez Yakin Bangkit

 

BAGIKAN