nhk

MotoGP 2014 Losail Qatar: Umur 35, Masihkah Rossi…?

 

ManiakMotor – Dari segi pacuan sudah ok yang digunakan  Valentino Rossi memasuki GP Qatar, 21-23 Maret. Dari sisi umur, tetap tanda tanya ia memanajemen stamina melahap 22 laps nonstop. Itu setara 118 km dengan membolak-balik M1-nya 352 kali sesuai jumlah tikungan Losail.

Tes pramusim laju Rossi meyakinkan, tercepat kedua di Sepang1 dan tercepat di Sepang2. Itu tes yang banyak waktu jedanya. Tapi saat lomba beda lagi, Rossi, 35 tahun, saat ini menjadi pembalap tertua kedua di lintasan setelah Colin Edwards yang 41 tahun. Ia harus melawan pembalap muda Jorge Lorenzo (26), Marc Marquez (21), dan Dani Pedrosa (28) berebut podium. Mereka itu masih segar darah nyali dan fisik. Ancaman juga dari Aleix Espargaro (24).

Rossi menagkui faktor umur tak bisa dielakkan. Itu sebab ia olah fisik yang forsinya disetarakan anak muda. “Saya lebih bugar dibandingkan persiapan tahun lalu. Hasil tes memang bagus dan memberikan semangat tinggi memasiki lomba. Menarik menunggu hasilnya. Saya selalu bilang ingin perpanjang dua tahun lagi di balapan, bila memang kompetitif,” kata Rossi.

Ya, jika kompetitif. Artinya, faktor fisik tadi berada di dalamnya. Motor kencang pol juga tak ada artinya jika pembalapnya sudah lemas. Ciri-cirinya, cepat melakukan pengereman walau belum waktu mengerem. Atau remnya diremas dalam-dalam, padahal nggak segitulah porsinya. Nah, Qatar inilah jadi ujian pertama Rossi, sanggup nggak bermain pol-polan.

Petinggi Yamaha tahu dan beri dorongan. Termasuk Direktur Tim Massimo Meregalli yang bilang umur 35 bukanlah penghalang buat Rossi. Motivasinya tinggi dan membuatnya giat mengencangkan stamina.  “Saya melihat semangat besarnya. Ia sangat inginkan podium dan saya ingin lihat ia ada di sana. Meski berumur 35 tahun ia masih cepat,” tutur Meregalli setengah berharap.

Bahkan untuk beberapa kemenangan pun, kata Meregalli, Rossi musim ini mampu meraihnya jika patokannya adalah tes pramusim. Tinggal pembuktian di balapan. “Syaratnya, ia tetap bugar dan pacuannya bekerja maksimal,” katanya.

Benar Bro, seperti disebut di atas, percuma punya motor kencang kalau fisik kedodoran. Andro

 

BACA JUGA

MotoGP 2012 Losail Qatar; Semua Target Podium, Termasuk Rossi Dijumpa Pers

MotoGP 2014 Jelang Qatar; Livery Movistar Yamaha M1 Rossi-Lorenzo, Rossi Kian ‘Pede’

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Gairah Valentino Rossi, Nyambung Dengan Pak Galbu

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Lorenzo Bintang Iklan Mobil Mewah, Sowan ke WSBK

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Marquez Bertahan, Pedrosa Memulai Perburuan

 

 

 

BAGIKAN