nhk

MotoGP 2014: Lupakan Marquez Dan Pol, Redding Membidik Hayden

 

ManiakMotor – Musim 2011 dan 2012, Scott Redding salah satu musuh berat Marc Marquez di Moto2. Musim 2013, Redding juga yang jadi lawan rutin Pol Espargaro merebut gelar juara dunia Moto2. Musim depan ketiganya bertemu di MotoGP, sayangnya beda kasta.

MM di kasta tertinggi karena membesut pacuan tim pabrikan Honda. Pol di tim satelit Yamaha, Tech3, yang kabarnya akan dibekali M1 spek pabrikan. Redding berada di kasta terendah karena bertarung dalam katagori nonpabrikan atau juga acap disebut Open Class. Ia gabung di tim Gresini Honda dengan pacuan nonpabrikan Honda RCV1000R.

Karena beda pacuan dan spesifikasinya, Redding harus melupakan dendam yang tersisa kepada Marquez dan Pol. Ia harus cari musuh baru agar tetap termotivasi di lintasan. Dan, calon musuh itu adlah Nicky Hayden, sang juara dunia MotoGP 2006.

Dari empat joki RCV1000R musim depan (dua lainnya adalah Hiroshi Aoyama/rekan setim Hayden di Aspar dan Karel Abraham/tim Cardion AB), Redding menempatkan Hayden sebagai target untuk mengukur dirinya sendiri. “Ia pembalap hebat dan berpengalaman. Saya senang dan bergairah saat mendengar ia akan menungang RCV1000R. Itu berarti  tantangan besar tahun depan. Saya ingin menjuarai kelas nonpabrikan dan ingin meraihnya dengan perjuangan tersendiri,” tegas rider kebanggaan Inggris itu.

Menurut Redding, reputasi Hayden tak bisa diukur dari kiprahnya selama bergabung di Ducati. Itu bukan kesalahan pada Hayden tapi pacuannya yang memang tak berkembang. “Sekarang ia punya motivasi baru di Honda. Jika saya tertinggal 0,5 detik saja darinya maka kami akan segera tahu di mana posisi kami dan apa yang harus dilakukan. Menarik menunggu apa yang akan ia lakukan. Sama menariknya menunggu kesempatan duel dengannya. Tak tertutup kemungkinan saya bisa mengalahkannya,” tantang Redding yang memang tengah mencari musuh baru.

Katagori balap Open Class ini memang akal-akalan Dorna untuk menggantikan kelas CRT yang gatot alias gagal total di MotoGP. Dengan regulasi yang lebih longgar, kelas itu menjanjikan peforma motor yang lebih bertenaga. Malah diembuskan dalam kondisi sirkuit tertentu bakal bisa manyaingi pacun tim pabrikan.  Tapi itu kan katanya. 

RCV1000R produksi Honda itu akan bersaing dengan FTR-Yamaha yang juga proyek langsung di bawah tim pabrikan Yamaha. Kedua merek Jepang itu tanpa harus dikompori pun selama ini sudah menjadi musuh bebuyutan. Nah, kini suasana sudah panas di kubu Honda karena memang dipanasi Redding. Semoga saja berikutnya ia tantang para joki FTR Yamaha biar tambah ramai Brosist! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Beda Gaji dan Potensi, Smith Saling Gempur Dengan Pol Espargaro

MotoGP 2014: Rossi Kembali ke Ferrari 2015, Duet Dengan Fernando Alonso

MotoGP 2014; Rossi Kehilangan Agresif, Korbannya Rem M1..?

MotoGP: Sisi Lain Marquez, Lebih Mudah Nyalip Lawan Daripada Pilih Kado

MotoGP 2014: PR Mekanik Rossi Cs, Hemat BBM Namun Tetap Terbang

BAGIKAN