nhk

MotoGP 2014; Marquez Maju Pesat, Sasis RCV214 Bisa Kejar M1 Di Tikungan Cepat

 

ManiakMotor – Inilah kesimpulan membuat Marc Marquez bisa belari di bawah 2 menit di test pertama Sepang. Trek Sepang yang digunakan di test pramusim MotoGP 2014 dari 4 sampai 6 Februari 2014 kemarin, memang lebih mulus lantaran dibenahi. Juga motor RCV214  yang semuanya baru dengan rancangan geometri anyar dituju untuk tikungan cepat namun tetap lincah di tikungan ‘pelan’. Mesin juga pasti baru dengan penyesuaian regulasi 2014, tidak seperti hari pertama test masih tergoda coba-coba RC213V versi 2013.

Karakter Sepang telah dikenal pasukan MotoGP. Belajar dari catatan Casey Stoner yang pernah 1’59.607 diciptakan pada waktu pagi atau tepatnya saat sesi dibuka sekitar pukul 10.00 waktu Sepang. “Saat itu cuaca dan suhu aspal ideal. Ban tidak terlalu panas dan juga dingin. Fisik juga prima,” jelas Marquez yang terbukti bisa mencetak 1’59.533 atau lebih cepat 1 detik dari Stoner di hari terakhir testing pada pukul 10;40 yang nyaris bersamaan ada tiga pembalap lain bisa bikin di bawah 2 menit.  

Tetapi sebelumnya atau hari kedua Marquez mencocokan gaya mengendaranya dengan geometri rangka pada RCV214. Soal ini seperti janji Shuhei Nakamoto, bos HRC. Katanya waktu itu  untuk mengurangi kesenjangan di tikungan cepat yang 2013 sulit melawan Yamaha M1. Ada beberapa titik rangka dipermak untuk mecari stabilitas menikung kencang yang membuat pembalapnya berani buka selongsong gas. Artinya, sudah bisa kejar M1 dong di sektor tersebut.

“Sebenarnya dengan rangka baru ini saya sikit gugup di tikungan cepat, saking cepatnya menikung saya kurang suka triknya. Tapi ternyata motor mau-mau saja, tanpa kehilangan sudut menikung dengan lanjutan  pengereman. Paling utama, saya merasa aman dan nyaman,” kata Marquez yang bercerita tikungan cepat dibutuhkan waktu lama dengan posisi motor yang ‘tiduran’.

HRC membuat karakter RCV versi 2014 tentu atas kemampuan Marquez sekarang. Cerita sekarang, si Marc sudah berkembang dalam setahun di MotoGP. Marc boleh kendalikan motor lebih mahir. Kata pembalap Indonesia sih, motornya sudah ‘kepegang’. Dia lebih luwes, cerdas dan halus membawa mesin 1000 cc dengan berbagai gaya dan sasaran sesuai racing line Sepang, tanpa buang-buang waktu. Singkatnya Marquez  maju pesat dan otomatis sulit dibendung tahun ini.

Tak lepas dari itu adalah teknologi ban yang dibuat Bridgestone. Itu juga diakui Marquez yang versi lunak dan keras sama konsistennya. Apalagi yang keras, walau keras tapi permukaan yang bersentuhan dengan aspal dibikin lebih luas. Nah, ini sudah diulas sebelumnya. Dan itulah kesimpulan sementara dari Marquez bisa 59.5 sekian-sekian di Sepang. Ito  

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang: Saat Simulasi Pun RC213V Marquez Mantap

MotoGP 2014 Test Sepang; BBM Dicekek, Gantinya Teknologi Ban, Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Test Sepang: Rossi Sumringah M1-nya Cocok, Lorenzo Mau Balas di Tes Berikutnya

 

BAGIKAN