nhk

MotoGP 2014; Menakar Pol Espargaro Mengejar Marquez

 

 

ManiakMotor – Perjalanan karir antara Pol Espargaro dan Marc Marquez berbeda cemerlang dari kelas rendah. Boleh dikata dan dibilang, Marquez naik kelas terus, Pol sering ketinggalan kelas. Akan tetapi, keduanya punya potensi jagoan-jagoan masa depan MotoGP tentu melupakan rombongan alumunus Moto2 seperti Bradley Smith, Stefan Bradl, Andrea Iannone, dan Scott Redding. Kenamnya nota bene satu angakatan.

Pastilah empat atau lima tahun ke depan panggung kelas para raja mereka yang akan mengisinya. Itu  telah diawali Marquez dengan rekor termudanya sebagai juara dunia. Sebab, seperti Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo atau Valentino Rossi akan termakan usia. Seperti yang disebut Marquez sendiri, “Saya bersemangat, di sesi testing Valencia ini. Sekarang muncul lawan-lawan saya dari Moto2, Pol juga sudah datang,” jelas Marquez.

Tapi khusus Marquez dan Pol, wajar dibanding-bandingkan, mengingat keduanya adalah pilihan tim pabrikan langsung. Bedanya Pol harus magang dulu di Yamaha Tech3 lantaran masih ada Rossi dan Lorenzo di Yamaha Factory Racing (YFR). Toh, ukuran Pol adalah Marquez. Apalagi cerita selanjutnya saat dia di dalam tim Yamaha Factory Racing, yang menunggangi motor juara. Ya, lawannya adalah Marquez yang jawara.

 Bedanya lagi, antara Marquez dan Pol memang punya perjalanan karir berbeda seperti awal cerita tadi. Pol misalnya setelah berlaga tiga tahun di GP125 dan sekarang Moto3 ndak pernah juara dunia di kelas itu. Posisi terbaiknya hanya ke-3 klasemen di tahun terakhir atau 2010. Tahun itu justru juara Marquez yang baru tahun pertama ikut GP125.

Hal sama terjadi di Moto2 pada 2011. Prestasi Marquez langsung meroket di tahun pertamanya, bahkan bila tak dihukum bisa juara dunia. Sementara di tahun pertama itu, Pol hanya ke-13. Barulah pada 2012 keduanya sering berduel dengan akhir Marquez pertama dan Pol ke-2. Perlawanan Pol saat itulah yang membuat YFR tertarik. Seperti sampeyan lihat sendiri tahun ini, Pol juara Moto2 dan Marquez kampiun MotoGP.

Artinya, Marquez naik kelas ke MotoGP, Pol sendiri masih tertahan di Moto2 di tahun sama. Bahkan saat berjuang di Moto2 tahun ini, Pol mendapat ‘serangan’ dari Cal Crutchlow. Cal menuding tidak mungkin Pol sama dengan Marquez. Cal menyerangnya lantaran posisinya di Tech3 lebih dipentingkan buat Pol. Tapi, jawaban Pol termasuk dewasa. Katanya saat itu, ia lebih fokus ke balapan ketimbang berbicara soal-soal kontrak segala. 

Perjalanan Pol di MotoGP juga kayaknya akan sama alias ketinggalan kelas, namun pasti belajar. Menjadi tidak sama, bila ada perlakuan khusus dari YFR pada dirinya. Maksudnya, doski dipasok langsung M1 yang speksifikasinya persis dipacu Rossi dan Lorenzo. Bila tidak, ia harus bersabar seperti nasibnya di Moto3 dan Moto2. Tapi kalau sabar terus juga tak bagus. Umur Pol lebih tua dua tahun dari Marquez, loh. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2014; Nih Yang Bikin Power RC213V Marquez Melejit Halus…!

MotoGP; Valentino Rossi Membantah Mundur Usai 2014

MotoGP 2014; Lorenzo Tanggapi Isu Pensiunnya Rossi

MotoGP 2014: Rossi Beri 6 Ronde Buat Galbusera, Pensiun Jika gagal

MotoGP 2014; Paket Agresif Marquez Sama Lincahnya Dengan RC213V, Akan Belanjut

 

 

BAGIKAN