nhk

MotoGP 2014 Motegi (Jelang FP3/Q2): Marquez Merasa Beruntung Celaka Saat Latihan

ManiakMotor – Terjengkang di FP1 dan merusak RC213V-nya, performa Marc Marquez di FP2 tak maksimal. Hanya urutan ke-6.  Ada beberapa kemungkinan. Bisa saja MM pada jok motornya sudah ada per, eh maksudnya ngeper bisa juga karena perintah Honda untuk alon-alon asal klakon. Siapa tahu  juga karena problem teknis si  MM belum dapatkan setingan.

Wajar kalau MM tak megakui yang pertama dan kedua. Yang ia bahas adalah kemungkinan ketiga. “Beda dengan sirkuit lainnya, saya masih kesulitan menemukan set-up motor yang mudah dikendalikan di Motegi. Terutama pada sektor pengereman keras,” kata Marquez yang dalam gayanya selalu diuntungkan pada pengereman yang keras dan bisa sampai sedekat sudut masuk tikungan.

Lagi pula Motegi trek milik Honda lho! Di situ pula semua tes awal RCV dilakukan. Tapi wajar juga sih kalau MM kesulitan. Soalnya tekananya sangat besar. Bedalah dengan tahun lalu ia bisa bermain lepas tanpa beban. Tak biasanya mengeluhkan rem, kini jadi masalah. Ia sudah pakai cakram diameter 340 mm ternyata belum cukup.

Dan, masalah rem itu yang membuatnya out di R5 saat FP1 sehingga harus ganti pakai motor cadangan untuk lanjutkan latihan. Katanya, remnya seperti ‘kosong’ saat masuk R5. Itu tikungan berbentuk tusuk konde yang tajam. Melaju dengan kecepatan sekitar 220 km/jam dari R4, Dek Marquez ini harus memelankan motornya menjadi 75 km/jam ke-R5.

Karena remnya bermasalah, itu motor tak terkendali dan membawanya ke gravel. Brukkkk, ditabraklah tumpukan ban di pinggir lintasan. Marquez bersyukur karena tak cidera. Juga bersyukur karena terjadi di sesi latihan. “Iyalah, mending celaka saat latihan ketimbang pada saat balapan,” katanya. Bener juga sih hehehe!

Dan, MM masih berikir cari menang agar memastikan gelar dunia 2014 di Motegi. Buktinya, ia ingin bangun set-up lebh mantap pada kesempatan FP3 dan 4. “Masih ada kesempatan. Yang paling penting adalah saya merasa nyaman, tidak gugup meskipun sedikit kurang puas dengan setelan sekarang. Kita lihat bagaimana besok,” tandasnya,

Ayo, ditunggu kalau begitu! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Motegi Jepang (Jelang FP3/Q2): Sasis Dan Eletkronik Ducati Dovizioso Meningkat Tajam

MotoGP 2014 Motegi (Jelang Race): Rossi Berharap Up Grade SSG Secepatnya

MotoGP 2014 Motegi Jepang (FP2): Dovizioso Kencang Di Latihan Bebas Kedua, Lorenzo Ke-2

  

BAGIKAN