nhk

MotoGP 2014 Motegi (Jelang Race): Dovi Songsong Podium Ke-4 Ducati, Yakin Soal Ban

ManiakMotor – Paddock Ducati bergemuruh kala Andrea Dovizioso meraih pole position di Motegi, Sabtu (11/10). Maklum lae, itu nya pole pertama Ducati sejak 2010. Teriak dan jingkrak-jingkraklah mereka menyambutnya.

Dovi sendiri dalam ‘kata sambutannya’ bilang sangat bahagia. Meski sudah sejak awal optimis di Motegi, tetap saja pole sitter hasil yang melebihi mimpi yang mematok front row. Itu pole pertama Ducati setelah pole terakhir dicetak Casey Stoner dalam penampilan terakhirnya bersama Ducati di GP Valencia 2010. Setelah itu Stoner pindah ke tim Repsol Honda.

Buat Dovi sendiri, ini start dari grid pertama yang kedua di MotoGP. Yang pertama 2010, kebetulan di Motegi pula. Desmosedici GP14 katanya mengalami kemajuan pesat. Paling ia nikmati sasis dan perangkat elektronik baru. Katanya motor mudah mengikuti tikungan tanpa harus menurunkan kecepatan yang banyak. “Sasis juga bisa menerima perubahan bobot besar setelah pengereman keras yang menjadi salah satu poin Motegi,” katanya seolah menampik fasilitas ban belakang yang lembut menjadikannya lebih cepat dari anak Honda dan Yamaha.

Sebagai kontestan Open Class, Ducati diuntungkan regulasi ban belakang yang ekstra soft. Mereka apik di single lap, kemudian anjlok di raceday karena kompon lunak itu tak memadai berlomba panjang. Itu kemarin-kemarin. Sekarang lain di Motegi karena Dovi merasa tunggangannya mantap kala dipasangi ban berkompon medium. “Pakai medium pun nyaman. Rasanya layak kami menargetkan podium,” katanya yang kemungkinan akan pakai ban belakang medium untuk mengarugi balapan  berdurasi 24 lap atau total 115,2 km.

Jika kesampaian inilah podium keempat Ducati sepanjang musim 2014 setelah sebelumnya dua podium Dovi di Austin dan Assen, plus podium Cal Crutchlow di Aragon. Untungnya, race di Assen dan Aragon dinyatakan wet race sehingga status Ducati belum ditingkatkan menjadi Factory2 seperti regulasi alias masih boleh menggunakan fasilitas Open Class. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Motegi Jepang (Q2): Dovizioso Tercepat Kualifikasi, Rossi Kedua

MotoGP 2014 Motegi Jepang FP4: Lorenzo Tercepat Latihan Bebas Keempat, Ke-2 Dan 3 Honda

MotoGP 2014 Motegi: Marc VDS Racing Jadi Tim Satelit Honda, Jokinya Redding

BAGIKAN