nhk

MotoGP 2014 Motegi (Jelang Race): Jatuh di FP1 Marquez Harusnya Ubah Strategi

 

ManiakMotor – Kesempatan Marc Marquez terbuka menjadi juara dunia 2014 di Motegi pada Minggu, 12 Oktober. Tentu ada syaratnya. MotoGP.com menuliskan 9 skenario agar MM meraih gelar dunia kali ke-2. Skenario itu sama saja dengan bikinan maniakmotor.com beberapa hari lalu.

Pertama MM gaspol dan menang maka saat itulah juara dunia. Lainnya, ia finish di depan Dani Pedrosa dan Valentino Rossi, tapi tak boleh kalah selisih 15 angka dari Jorge Lorenzo jika Si JL ini yang juara. Ketimbang pusing mikir soal poin itu, MM mengaku fokus menang saja. Itu cara terbaik menjadi juara. Ia berusaha tampil normal, main lepas seperti awal musim. Bila  mikir gelar 2014, bawa motornya malah ngaco. “Saya belajar banyak dari insiden di Misano dan Aragon, juga belajar dari pengalaman tahun lalu di Motegi,” katanya.

Juara dunia 2013 itu pun berkisah, situasinya saat ini tak jauh beda dengan Motegi 2013. Ia saat itu bisa jadi juara dunia 2013 di Motegi dengan syarat memenngi balapan sementara Lorenzo finish ke-3 atau lebih. Dalam sebuah rapat, Honda merancang strategi agar RC213V finish 1-2. Tapi, yang terjadi MM dan Pedrosa tarik-tarikan 2 dan 3, sedangkan Lorenzo jadi juara dengan gap 3,1 detik.

Fokus pada pemenang pun berisiko. Sejak sesi awal ia harus menggeber motornya di atas limit demi mencari set-up motor spek juara untuk lomba. Hasilnya, Marquez sudah jatuh di FP1 pada Jumat 10 Oktober. Memang tak cidera, tapi RC213V-nya babak belur sehingga harus ganti motor melanjutkan latihan.

Insiden itu pasti memengaruhi MM dan tim Repsol Honda. Apalagi performa Jorge Lorenzo tampak apik sejak sesi awal di FP1 dan memang sejak seri paruh musim ia yang terbanyak mendulang poin. Apa iya MM mau terus ngotot meraih kemenangan? Ndak takut jatuh lagi? “Ini rumah Honda, saya termotivasi jadi pemenang di depan fans,” tandasnya.

Jangan jatuh lagi ‘Dek. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Motegi Jepang (FP1): Lorenzo Tercepat Latihan Bebas Pertama, MM Ke-2

MotoGP 2014 Motegi (Jumpa Pers): Marquez Kelihatan Bodoh, Lorenzo Ingin Menang, Rossi Siap

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Nakasuga, Pembesut M1 Pabrikan Lewat Jalur Wild Card

BAGIKAN