nhk

MotoGP 2014 Motegi (Jelang Race): Rossi Berharap Up Grade SSG Secepatnya

 

 

ManiakMotor – Baru dikembangkan tahun lalu, tapi seamless shift gearbox (SSG) Yamaha pada M1 seperti sudah ketinggalan zaman. Faktanya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo kompakan menuntut pengembangan lanjutan pada pinion-pinion tersebut. Pinion itu gigi-gigi pada rasio bro yang jadi satu kesatuan SSG.

SSG dipelopori Honda pada 2011. Teknologi yang membuat antar gigi rasio tak putus putarannya walau ganti jumah perbandingan gigi reduksi  itu diadopsi dari F1. Lalu tren itu diikuti Ducati. Sedang Yamaha baru tahun lalu dan selanjutnya akan dipakai Suzuki bersama Aprilia yang kembali ke MotoGP.

Tuntutan Rossi dan Lorenzo, SSG bukan hanya aktif saat berakselerasi, namun juga bekerja saat deselerasi. Maksudnya saat tutup gas, pegereman, dan perpindahan ke gigi rendah tetap mulus dan tidak teragnggu deselerasi. Ditenggarai SSG pada RC213V sudah mecapai tahan tersebut.

Selain pembalap tidak ternganggu konsentrasinya, diyakini daya tahan mesin awet. Kan gigi tidak akan bertolak belakang dengan proses kerja mesin, terutama saat langkah kompresi. Ya kira-kira begitu. “Sejujurnya kami tak tahu kapan bisa dicoba, saya sih berharap secepatnya agar terbantu saat pengereman,” ucap Rossi di sela-sela jumpa pers jelang GP Motegi.

The Doctor akui Yamaha memang terlambat mengembangkan teknologi itu dibandingkan rival. Untuk berakselerasi, katanya, produk saat ini sudah bagus. Tinggal mengembangkannya pada  saat turun gigi. “Saya rasa tidak bakal keburu untuk tahun ini, saya harap sudah bisa pakai mulai musim depan,” tutup Rossi dan Lorenzo.

Tumben kompak nih. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Motegi Jepang (FP2): Dovizioso Kencang Di Latihan Bebas Kedua, Lorenzo Ke-2

MotoGP 2014 Motegi (Jelang Race): Jatuh di FP1 Marquez Harusnya Ubah Strategi

MotoGP 2014 Motegi Jepang (FP1): Lorenzo Tercepat Latihan Bebas Pertama, MM Ke-2

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353