nhk

MotoGP 2014 Motegi (Jelang); Rossi Cerita Psikologis Dan Mental Kecepatan

 

ManiakMotor – Menuju Motegi, Jepang untuk ronde 15 MotoGP 2014 yang lombanya Minggu 12 Oktober, Valentino Rossi tetap fokus pada kecepatan. Cepat baginya keuntungan psikologis. Maksudnya motor yang mau diajak sesuai pehamaman pembalap pada sudut-sudut sirkuit, bila itu diakumulasi hasilnya adalah yang disebut cepat oleh Rossi.

Rossi bercerita soal itu ketika diwawancara salah satu tabloid ngetop di Italia sebelum doski bertolak ke Jepang. Mungkin wartawannya ketemu di bandara, kalee. Sama-sama akan ke Motegi. Katanya, dalam sembilan  gelar juara dunia miliknya, 107 kali menang seri, 192 podium, dan 59 pole position, ia paham mana yang disebut akumulasi cepat tadi. “M1 saya saat ini siap tarung, termasuk di Motegi. Saya harus melacak kecepatannya sejak sesi latihan,” jelas Rossi.

Rossi juga jujur dengan umurnya sekarang yang 35 tahun. Katanya ia menikmati teknologi Motor MotoGP saat ini dan masih bisa mengikutinya. Di era sekarang motor sangat laju, laju sekali. Harus paham betul teknik akurasi titik pengereman, akselerasi yang kuat juga satu jurus dengan feeling, menikung kecepatan tinggi butuh skill plus berani pada grip kompon ban.

Semua ceritanya itu akan dihadapi Rossi di sirkuit Motegi. Sirkuit menggabungkan pengereman keras, akselerasi yahud dan menikung kilat. “Dulu ketika saya sering menang, saya punya dominasi psikologis yang bisa bikin lawan teritimidasi,” tambah Rossi. Itu dulu loh, dia nggak sebut sekarang.

Katanya lagi di balap motor ada satu hal yang sangat penting. “Itu adalah kecepatan di trek. Jika lebih cepat dari pada pembalap lain, otomatis mental akan kuat. Sebaliknya, mental kuat namun tidak cepat akibat dari performa motor atau pemahaman sirkuit yang kurang, tetap saja sia-sia. Saat ini posisi saya  sedikit cepat, nggak cepat amat, tapi itulah tantangan,” pungkas Rossi.

Artinya, masih ada yang lebih cepat yang bikin psikologinya melambung dan mentalnya jadi kuat. Siapa dia? Ya Marc Marquez, mungkin. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jepang (Jelang): Ducati Punya Potensi Di Motegi, Empuk Di Sirkuit Rem Deras

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Marquez Ora Mikir Juara

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Lorenzo Harus Didoakan

MotoGP 2014 Motegi (Jelang): Sakit Kepala Sembuh, Rossi Ok Bersama M1-nya

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353