nhk

MotoGP 2014 Motegi, Jepang (Jelang): Asli Sirkuit Honda, Kans M1 Tetap Besar

ManiakMotor – Jelas saja disebut sirkuit Honda. Itu bukan istilah lantaran karakter sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Tapi memang itu asli sirkuit milik Honda yang akan digunakan untuk ronde 15 MotoGP 2014. Ingat ya sesi latihannya sudah dimulai 10 Oktober dan raceday 12 Oktober. Jangan ketiduran, jadwal balapnya sejak 07 pagi di Indonesia.

Tanah Motegi, kira-kira seperti tanah di Krawang, Jabar sana milik AHM. Lantas untuk fasilitas pengetesan semua produk, Honda mengaluarkan dana dewek membangun sirkuit Motegi yang panjangnya 4.801 meter. Sesuai namanya yang Twin, dalam satu sirkuit ini ada dua layout yang satunya model oval yang tadinya menampung Nascar. Tapi  trek utamanya dihiasi 14 tikungan yang delapan ke kanan dan empat ke kiri. Trek lurusnya 762 meter.

Lima tahun belakangan sebenarnya baru Dani Pedrosa yang setia menggeber RC213V dua kali berturut juara, yakni 2011 dan 2012. Pedrosa yang mengukuhkan Honda jago di Motegi. Tapi kalau kamu periksa tujuh tahun belakangan malah lebih banyak Yamaha dan Ducati yang menang, yakni dua kali lewat Jorge Lorenzo dan sekali Valentino Rossi. Sedang Ducati dua kali dari Loris Capirosi dan sekali Casey Stoner.

Boleh dimegerti, Motegi walau jadi sarang Honda menciptakan teknologi motor MotoGP mereka termasuk seamlless shift gearbox, tipikalnya bukan mutlak buat Honda. Misalnya, panjang sirkuit yang hampir 5 km hanya dibagi 14 tikungan. Itu artinya, merek lain masih bisa bisa bernafas alias masih lumayan panjan-panjang untuk ketemu tikungan by tikungan. Belum lagi treknya umayan lebar. Di beberapa sudut ada juga tikungan cepat. “Peluang tetap ada seperti tahun lalu,” kata Jorge Lorenzo.

Marc Marquez yang tahun ini jadi jagoan Honda memang belum menjawab Lorenzo. Bahwa, tahun lalu dia tak perlu di depan Lorenzo hanya menjaga posisi sudah membuatnya juara di Motegi usai kasus bendera hitam di Australia 2013. Sama dengan tahun ini, Marquez juga kelihatannya akan menjaga poisisi ketimbang jatuh seperti dua seri lalu di Misano dan Aragon. Berarti peluang M1 tetap besar.

Walau begitu, Motegi tetap sirkuit Honda. Di sirkuit ini jadi pusat kegiatan Honda. Sirkuit gokart, motocross untuk menguji special engine CR-F, safety riding Honda sampai museum Honda ada di situ. Makanya sirkuit dibangun 1997 dan dipakai MotoGP sejak 2000 itu memang punya sayap tunggal. Acungkan telunjuk dong. Kan begitu para petinggi AHM alias Honda di Indonesia setiap kali difoto, hehe artinya nomor 1 bro. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Motegi (Jelang): Memang Sih SIrkuitnya Honda, Peluang Rossi – Lorenzo Tetap Ada

MotoGP 2014 Jelang Motegi: 2 Pemain Superbike Naik ke MotoGP

MotoGP 2014 Jelang Motegi: Cristian Gabarrini Menjamin Jack Miller, Persis Stoner

Moto3 2014 Jelang Motegi: Si Cantik Ana Terancam Pensiun Dini

BAGIKAN