nhk

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Manusia Biasa Yang Cemen, Rekor Tambahan Marquez

ManiakMotor – Siapa bilang Marc Marquez pembalap gagah berani dan super agresif? Buktinya tidak demikian di Motegi. Nyaris cemen selepas start. Saat salip-salipan dengan Valentino Rossi pun terlihat gugup dan ragu.

“Sempat tak fokus di garis start. Saya sangat takut bikin kesalahan. Akibatnya langsung kehilangan beberapa posisi di lap pertama. Takut itu normal karena saya hanyalah manusia biasa, bisa tertekan oleh keadaan,” aku Marquez.

Ia perlu dua tau tiga lap untuk menenangkan diri saat balapan. Sama sekali tak berani mengambil risiko untuk langsung sodok ke barisan depan seperti biasanya. Ia sendiri kemudian mengaku aneh dengan perbedaan sikap itu. “Diputuskan berjuang untuk finish di depan Rossi dan Pedrosa saja. Saya lupakan Jorge,” kata Marquez yang kemudian hanya menjaga irama setelah melewati Rossi.

Ia sama sekali tak berniat mengejar Lorenzo. Dan, itu sudah cukup menjadikannya juara dunia 2014 sekaligus mengukir beberapa rekor baru seperi berikut:

-Menjadi pembalap termuda yang meraih dua gelar kelas primer secara berturut dalam umur 21 tahun 237 hari. Mematahkan rekor Mike Hailwood yang meraih gelar dunia keduanya pada 1963 dalam usia 23 tahun 152 hari.

-Menjadi pembalap pertama yang mampu menyamai rekor Giacomo Agostini yang menang 10 kali beruntun sejak awal kompetisi pada musim 1970. Sekaligus menjadi pembalap termuda yang bisa menang 10 kali balapan semusim, dalam usia 21 tahun 174 hari. Patahkan rekor Hailwood pada 1964 dalam usia 24 tahun 94 hari. Ini juga menjadikan Marquez anak Spanyol satu-satunya yang bisa merebut 10 kemenangan beruntun dalam semusim.

-Menjadi pembalap Honda pertama yang memastikan diri juara dunia di Sirkuit Motegi yang memang milik Honda.

Jika menang dalam salah satu seri Australia, Malaysia, atau Valencia, Marquez akan menyamai rekor 12 kemenangan semusim yang dibuat Mick Doohan pada 1977.

Dan, musim depan, pastinya Si Marquez sudah siap membidik rekor-rekor lanjutan. Mungkin terlalu jauh untuk menatap rekor Rossi yang menang 7 gelar, tapi wajar–wajar saja karena umurnya yang baru 21 tahun.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Lorenzo Pastikan Duel Segi Tiga Di 3 Seri Sisa

MotoGP 2014 Motegi (Race): Rossi Sulit Kalahkan Marquez Karena Punya ‘Sesuatu’

MotoGP 2014 Motegi (Pasca Race): Marquez Pensiun Dini, Sengit Rossi/Lorenzo/Pedrosa

BAGIKAN