nhk

MotoGP 2014 Motegi: Rossi Jatuh Rumput Sirkuit Dicabuti

 

ManiakMotor – Ada dua agenda yang dibahas Grand Prix Safety Commission (Komisi Kesalamatan Lomba MotoGP) di Motegi, Jumat, 10 Oktober. Pertama adalah rumput yang ditanam di pinggir lintasan dan kedua  flag-to-flag atau peserta masuk pit untuk ganti motor saat peralihan dari kering ke basah.  

Soal rambut, eh rumput hiasan yang mempercantik bibir lintasan tersebut sudah jelas biangnya dari Valentino Rossi. Di Aragon seri lalu, ia out dari lintasan dan menginjak rumput buatan tersebut. “Itu rumput sangat licin yang membuat saya jatuh. Saya akan bawa pada rapat komisi keselamatan soal itu,” jelas Rossi sehari sebelum pertemuan komisi diadakan.

Javier Alonso, Managing Director of Dorna’s Events Area, membeberkan hasil pertemuan tersebut. Katanya, rumput ini  akan bertahap dihilangkan dari sirkuit. “Kami akan meminta pada pengelola sirkuit untuk mencabuti rumput tersebut. Sangat berbahaya ketika basah. Ini akan dilakukan bertahap dan akan dimulai pada area yang paling berbahaya,” jelas Alonso.

Sedangkan untuk sistem pit stop saat hujan muncul mendadak, katanya masih akan dibicarakan lanjutannya. Artinya belum ada aturan pengganti yang lebih aman dari aturan yang ada sekarang. Dulu sih, sebelum ada pit stop lomba dihentikan sesaat dan diteruskan saat situasi membaik. Bahkan dihentikan sama sekali ketika lomba sudah berjalan di atas 75 persen. Tapi kadang kala kebablasan, makanya muncul aturan seperti saat ini.

“Mengenai flag-to-flag ini adalah pilihan yang realistis saat ini. Bila ada usulan dan bisa diterima, kami akan coba memperbaikinya. Ada juga pemikiran soal kewajiban masuk pit ganti motor bila situasi terlalu basah (hujan lebat). Tapi ini pun, apakah ini benar atau tidak dan akan dipelajari lebih lanjut sembari menunggu gagasan yang lebih baik dari para pakar,” tutur Alonso.

Memang sih aturan saat ini, tidak diwajibkan buat pengendara untuk mengganti motor yang menggunakan ban basah. Mereka hanya diingatkan oleh bendera. Bila merasa motor masih bisa jalan ya gas terus. Akibatnya seperti yang menimpa Dani Pedrosa dan teman setimnya di Repsol Honda Team Marc Marquez di Aragon. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Semua Kelas Dan Sesi 10 – 12 Oktober 2014

MotoGP 2014 Motegi (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Tak Lagi Ngeluh Soal Ban

MotoGP 2014 Motegi (Jelang FP3/Q2): Rossi Bilang M1 Mantap di Kandang Honda

MotoGP 2014 Motegi (Jelang FP3/Q2): Marquez Merasa Beruntung Celaka Saat Latihan

MotoGP 2014 Motegi Jepang (Jelang FP3/Q2): Sasis Dan Eletkronik Ducati Dovizioso Meningkat Tajam

 

BAGIKAN