nhk

MotoGP 2014; Motocross Jadi Latihan Fisik Populer Para Pembalap Para Raja Di Akhir Tahun

 

ManiakMotor – Tadinya yang aktif bermain motocross Valentino Rossi. Di tanah yang luas di dekat rumah Rossi, dibangun sirkuit garuk tanah yang saban waktu ia gunakan memelihara hendling menyetir dan fisiknya. “Motocross bagian lain dari jiwa balap motor saya,” kata Rossi yang masih sesekali ikut evebt supermoto dan dirt track, balap motor yang jadi turunan motocross. Saat ini Rossi sedang bermain ski salju di Swiss dalam liburan Natal 2013.   

Motocross memang alternatif paling dekat dengan yang namanya betot gas para pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3. Selain untuk mengolah fisik tadi, karena motor selalu bergerak dan memantul, lantaran di trek tanah, juga grip roda yang harus pas dengan putaran mesin, ya karena di tanah. Untuk membuat motor ini nurut, dibutuhkan otot dari jokinya, ujung-ujungnya untuk fisik. Selain itu, moto-x juga bisa melatih feeling membalap. Konversi tenaganya di tanah dianggap sama ‘liar’ dengan balap prototipe di aspal.

Apalagi, untuk menggeber motor prototipe yang sebenarnya, mereka terbatas. Motor Moto3, Moto2 dan MotoGP, hanya bisa digunakan sesuai jadwal testing yang dikeluarkan IRTA dan FIM. Padahal tidak semua pembalap dalam jeda libur pra musim,  dari rutinitas yang namanya balap motor. Lha wong, kerjaannya membalap kok.

Mirip Stefan Bradl dan Pol Espargaro, di musim libur keduanya malah aktif bermain tanah. Bahkan, Bradl asli Jerman yang membela LCR Honda MotoGP pergi ke Prancis dan bergabung dengan Yves De Maria. Maria adalah juara dunia motocross tiga kali di kelas MX1 atau special engine 450 cc. Bradl  dilatih khusus olehnya sampai 30 Desember 2013 di sana. “Ini semua untuk persiapan 2014,” jelas Bradl dari Prancis.

Yang tak kalah rutin bermain garuk tanah dengan berbagai teknik menikung adalah Marc Marquez bersama adiknya Alex Marquez. Keduanya punya sirkuit khusus motocross di Cervera, Spanyol, tempat asal keduanya. Namun saat ini Marquez masih asyik bercengkrama dengan sanak sodara menyambut Natal di kampungnya. Tapi, mereka mengaku  sewaktu-waktu mengambil special engine-nya utuk pergi ke sirkuit motocross melatih kebugaran fisik dan tetap dekat dengan namanya mesin motor. 

Pokoknya sodari dulu, garuk tanah dianggap pas untuk fisik dan skill untuk para pemain aspal. Kecuali Dani Pedrosa yang jarang kendengaran bermain kotor-kotoran ini dibanding pelaga lain di premier class. Ito

BACA JUGA

Moto3 2014: Ana Yang Bening Masih Ada, Cuma Ganti Tim

MotoGP 2014: Lagi, Honda Serius Ancam Mundur dari MotoGP

MotoGP 2014: SSG Yamaha M1, Kurang Pentingkah?

MotoGP 2014; Jorge Lorenzo Perbaiki Konstruksi Tulangnya, Agar Fit 100%

MotoGP: Stoner Masih Setia Di Honda 2014

 

BAGIKAN