nhk

MotoGP 2014; Motorik Rossi Masih Kaya, Modal Bermain Gesit Di Austin..!

 

ManiakMotor – Valentino Rossi masih kaya dengan gerak tubuh. Kata orang tua sih, motoriknya masih ok dengan umurnya 35 tahun. Terpantau saat umayan lama melayan Marc Marquez di Qatar. Itu modal bermain di Austin, Amerika yang butuh gerak lebih banyak lagi.

Juga yang mau diajak gerak mulai mau sekehendak seperti diharap Rossi saat mengganti mekanik top Jeremy Burgess. Itu dia Yamaha M1 settingan The Doctor sendiri atas masukan perjalanan seri 2013. “Kelihatannya begitu. Kok you tahu saja,” kata Rossi kembali bertanya. Ya, kan begitu bro. Hehe…

Austin gabungan ‘pelan’ dan cepat berjarak 5.5 km dengan 20 tikungan. Tahun lalu sih, hanya motor yang telah ketemu iramanya lancar jaya bertarung di sana. Kembali lagi tetap sebut Marc Marquez yang memang kaya gerak seorang atlet muda balap motor. Motoriknya komplet. Ia hanya bisa diuntit Dani Pedrosa saat itu. Berarti, RC213V memang energik di Austin. Isu saat itu soal giboks seamless, walau sebenarnya harus digabung dengan set-up keseluruhan. Nggak mungkinlah, hanya bikin juara.

Rossi dengan gerakan-gerakannya bermanuver bersama Marc di Qatar, seharus bisa tampil lebih baik dari tahun lalu di Austin. Selain M1 sudah memiliki alat yang sama bernama SSG dan bikin nyaman akselari di tikungan pakai gigi rendah, juga  bisa menghemat fisik joki. Di sisi lain, keseimbangan M1 Rossi sudah mendingan seperti diakui saat test pramusim Sepang1 dan Sepang2. Dan ada buktinya, Rossi saat test hanya bisa dikalahkan Marquez.

Boleh juga ditengok saat lomba di Qatar. Dibanding tahun lalu di tempat sama, Rossi sempat bikin salah. Tahun ini ia dengan mulus membawa M1-nya bergerak cepat, cepat dan makin cepat sehingg bisa duel dengan Marquez. Tanda, motorik Rossi bisa mengikuti ‘motorik’ M1-nya untuk gesit.  Paling tidak di Qatar itu motor sesuai tuntutan Rossi. Ia start dari grid ke-10 loh, tahun lalu start dari grid 7.

Upaya The Doctor mempertahankan motorik khas balapnya memang lebih giat ia lakukan. Sesuai tekadnya untuk mengembalikan skill bersama Yamaha. Itu dibanding tahun lalu menghadapi serial, ia lebih ‘santai’. Tahun ini semasa rehat, nyaris saban hari ia bermain dirt track di ranch miliknya di Italia sana.

Itu semata mengasah refleks demi gerakan menjadi tuntutan bertarung MotoGP masa kini dengan munculnya Marquez. Usai dari dirt track atau jenis balapan motocross tanpa jump, Rossi melanjutkan ke gym. Tapi tidak dijelaskan metode latihan fisiknya untuk kembali membangunkan motoriknya agar kaya serasa umur 20-an tahun. Miolo   

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Lorenzo Sempat Mau Pindah ke Open Class, Rossi Nggak?

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Berbakat Kaya, Mulai Jadi Bintang Iklan

MotoGP 2014 Jelang Austin: Bukan Per Klep Sebab RCV1000R, Belum Ngelawan

MotoGP 2014 Jelang Amerika: Schwantz Kembali Pegang Austin, Ikut Tes Suzuki Di Texas

MotoGP 2014 Jelang Austin: Mesti Hemat BBM, RCV1000R Masih Masalah

BAGIKAN