nhk

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang FP3/Q2): Gairah Set-Up M1 Rossi-Lorenzo

ManiakMotor – Memang yang tercepat Honda RC213V Marc pada sesi free practice Jumat (30/5). Tapi duet Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, pasang muka cerah, tanda M1 mereka sesuai gembar-gembor cocok di Mugello, Italia. Merembar-gembor cocok di Mugello, Italia. Mereka akan kembangkan set-up motor ini untuk sesi lanjutan Sabtu (31/5).

Baru latihan sih, toh Rossi sempat menggetarkan para pendukungnya. Sesi baru berjalan sebentar, Rossi  tenang memainkan M1-nya dan M1-nya memang mau diajak  tenang di tikungan-tikungan cepat Mugello bikin 1:48.386. Catatan  FP1 ini memimpin lama. Baru detik  terakhir bisa dikalahkan Marquez dengan selisih waktu 0,382 detik.

Di lima ronde lalui, jarang Rossi bisa lama di depan untuk ‘sekadar’ sesi latihan. Sodara-sodara, itu sinyal Rossi menguasai Mugello, kata orang sudah khatam doski di sana. Ia punya feeling pada settingan dasar motornya. “Sesi pagi langsung mendapati motor yang nyaman, sayang FP2 hujan. Tinggal dikembangkan sedikit di sesi berikutnya,” kata Rossi dengan senyumnya.

Begitupun Lorenzo meski berakhir di urutan lima tercepat, ia merasakan progress signifikan pada M1 dengan cakram rem depan berdiameter 340 mm. “Motor lebih mudah diatur. Saya  percaya diri, tinggal utak-atik elektronik. Secara fisik pun saya lebih siap,” tegas JL yang selama ini lebih banyak mengeluhkan performa staminanya.

Keduanya tak bisa bereksperimen lebih jauh lagi di hari pertama lantaran  hujan  di sesi FP2. Tapi, setidaknya para teknisi Yamaha sudah punya pegangan basis set-up yang tinggal disetel di sesi lanjutan Sabtu.

Itu diapungkan Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha. “Trek ini memang cocok dengan M1. Begitu cepat kedua pembalap menyesuaikan motor yang enak. Akhir pekan ini kelihatannya lebih menjanjikan,” katanya dengan nada penuh harapan.

Janji show yang hebat buat penonton kan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Sesi&Kelas 30 Mei – 1 Juni 2014

MotoGP 2014 Mugello Italia (FP2); Hujan, Pembalap Top Tak Ikut Latihan Bebas Kedua

MotoGP 2014 Mugello Italia FP1; Marquez Tercepat Latihan Bebas Pertama, Rossi Ke-2

Moto3 2014 Jelang Mugello: Fenati Penunjang Rossi, Protagonis Italiano di Kelas Nyamuk

 

 

BAGIKAN