nhk

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Roket Ducati Siap Luncur, Kencang Trek Lurus

 

ManiakMotor – Tanding di home race sendiri, Ducati ogah dibikin babak belur. Luigi Dall’Igna sebagai motor utama tim pun luncurkan mesin anyar yang sementara ini hasilnya wow. Dibilang sementara karena baru jaya di sesi latihan dan kualifikasi.

Ducatinisti selaku fans fanatik Ducati boleh berharap Desmosedici GP14 akan tampil beda di trek Mugello, Minggu (1/6), pada event akbar bertajuk Grand Premio d’Italia. Tiga punggawa Desmo tampil cemerlang di sepanjang sesi Jumat dan Sabtu, dibarengi sikap optimistis di balapan hari ini.

Khususnya  Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso yang darahnya asli Italia. “Motor dan diri saya siap tarung. Semoga tak ada kendala saat race dan bisa lanjutkan trend positif di sesi FP dan Q2,” ujar Iannone, punggawa Pramac Ducati yang runner-up kualifikasi yang hanya kalah 0,180 detik dari pole sitter Marc Marquez.

Meski cetak dua kali juara di zaman Moto2, Iannone tak sesumbar bidik menang di Mugello karena sadar kekuatan lawan yang full pabrikan, terlebih Marquez dan Jorge Lorenzo yang sangat kencang. Tapi, untuk podium, itu layak diperjuangkan. “Desmosedici mantap di Mugello, khususnya di trek lurus. Senang sekali kami punya sedikit keuntungan di sektor itu,” imbuh Dovi.

“Mesin baru ini meluncur seperti roket, luar biasa perkembangan motor ini,” puji Cal Crutchlow yang darahnya Inggris dan mulai menyatu dengan motor Italia itu. Selain ban khusus Open Class yang extra soft, catatan waktu Iannone juga dipengaruhi Desmosedici GP14  di trek lurus Mugello sepanjang 1,141 km. Top speed-nya 341,9 km/jam. Hanya kalah dari Stefan Bradl (LCR Honda) yang 342,9 km/jam.

Memang tak boleh disamakan dengan Marquez yang hanya 337 km/jam dan berada di urutan 9 soal top speed. Rossi dan Lorenzo malah di bawahnya lagi, masing-masing 336,0 dan 332,8 kpj. Karena mereka memilih lebih cepat di tikungan ketimbang lurusnya saja. Terlalu kencang di trek lurus juga nggak enak, mengorbankan power bawahnya.

Tinggal berharap Ducati konsisten dalam balapan berdurasi 23 lap nanti, trek lurus itu bisakah jadi keuntungan tersendiri buat prajurit Ducati? “Saya yakin Ducati akan cepat, khususnya Iannone. Semua tahu ia sangat kencang saat ini,” puji Dovi. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Sesi&Kelas 30 Mei – 1 Juni 2014

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Rossi Marah Pada Diri Sendiri, Salah Ganti Ban Q2

MotoGP 2014 Mugello (Jelang Race): Pedrosa Menunggu Angin, Lawan Rossi ‘Berani Mati’

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Lorenzo Merasa Nomor Dua

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Tunggu Marquez Juara 6 Kali Berurutan Dari Pole

BAGIKAN