nhk

MotoGP 2014 Mugello (Jelang Race): Pedrosa Menunggu Angin, Lawan Rossi ‘Berani Mati’

ManiakMotor – Mbrebet di FP1 dan 2, kiprah Dani Pedrosa sempat menggiurkan di sesi FP3 dan 4. Eh, melempem lagi di saat Q2. Main dari grid ke-4, tekad pada raceday hari ini Ahad 1 Juni 2014 adalah menggebrak di garis start. Bisa?

Jelas bisa! Kan, kan, kan acuannya seorang pembalap tim elit Repsol Honda Team menggunakan RC213V, kendaraan roda dua yang sebenarnya onderdilnya setara dikendarai Marc Marquez. Juga reputasi DP sebelumnya di Mugello yang tak jelek-jelek amat. Walau situasi terkini ia harus berjibaku di awal-awal lap.

Dua musuh besar, Marquez dan Jorge Lorenzo, start di depan. Jangankan memburu MM yang musim ini jadi raja di kelas para raja, untuk menyaingi JL pun terbilang berat mengingat JL sudah berkoar M1-nya telah sesuai harapannya ditambah semangat tempur yang tengah membara. Belum lagi DP pun harus jaga aksi Valentino Rossi yang selalu tampil ‘berani mati’ di Mugello.

Itu untuk tiga lawan regularnya di kelompok pabrikan. Problem DP pun bisa tambah rumit jika Andrea Iannone (Pramac Ducati) dan Pol Espargaro (Yamaha Tech3) bisa jaga irama. Maksudnya, Pol dan Iannone punya stamina dan nyali lebih. Itu untuk mempertahankan ritme motor khas tim satelit yang setengah mati ditempatkan di jalur balap saat mengikuti laju motor pabrikan. “Motor para pesaing tampak seimbang. Harus mengerahkan semua kemampuan,” ujar Pedrosa yang salah setel mesin di sesi Q2 sehingga power RC213V malah kendur di trek lurus Mugello. Ah mungkin salah pilih final gir yang lebih ringan, kaleee…

Irama penampilan DP dari FP1 sampai Q2 memang angin-anginan. Kebetulan saja di Q2 ‘masuk angin’ gara-gara gir tadi. Tapi, itu pelajaran yang tak boleh terulang menghadapi balapan sesunguhnya. Sebab dengan menggunakan settingan normal di FP3 dan FP4, hanya Pedrosa yang bisa berlari 1 menit 37 detik. Padahal kecepatan latihan yang real untuk balap ketimbang kualifikasi. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Sesi&Kelas 30 Mei – 1 Juni 2014

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Lorenzo Merasa Nomor Dua

MotoGP 2014 Mugello Italia (Jelang Race): Tunggu Marquez Juara 6 Kali Berurutan Dari Pole

MotoGP 2014 Mugello Italia Q2; Marquez Tercepat Kualifikasi, Rossi Ke-10

MotoGP 2014 Mugello FP4: Pedrosa Tercepat Latihan Bebas Ke-4

 

BAGIKAN