nhk

MotoGP 2014 Mugello (Paska Race): Modifikasi Gigi 6 RC213V, Bukti Kecerdasan Tim Marquez

ManiakMotor – Marc Marquez masih muda yang punya fisik prima dan skill spesial membawa RC213V. Kasat mata lebih ampuh dari Dani Pedrosa yang sama-sama menunggang motor yang sama.

Tapi kasus berbeda bila RC213V MM menekuk M1 Jorge Lorenzo di trek lurus sirkuit Muggelo, Italia dalam rangka ronde 6 MotoGP pada 1 Juni kemarin. Memang trek lurus kelihatannya bukan skill joki tapi semata motor, lantaran lurus doang. Eh tunggu dulu pak? Itu gabungan motor dan skill joki. Kencang di trek lurus, adalah rangkaian dari tikungan terakhir joki merawat kecepatan. Siapa yang duluan membuka gas atau menahan kecepatan di tikungan terakhir, akan ngaruh pada top speed. 

Disebut motor dan joki, karena top speed Marquez masih kalah dengan yang namanya Alvaro Bautista atau Andrea Dovizioso. Marquez itu top speednya hanya urutan 12 dengan 340 km/jam dan Lorenzo posisi ke-13 dalam urutan top speed. Marquez masih berpikir soal tikungan, bukan semata trek lurus. “Perubahan girboks saat warm-up hasilnya lain. Sedikit berjudi dengan gigi enam, itu menolong di trek lurus,” cerita Marquez.

Di situ skill mekanik juga penentu. Kolo pasukan Marquez, mekaniknya dipimpin Santi Hernandez dan para jajarannya. Namanya memang Santi,  tapi ia berambut keriting dan berkumis tebal. Doski inilah yang menukangi motor Marquez  sejak Moto2 dan orang nomor satu yang dibawa MM saat berangkat ke tim pabrikan Repsol Honda.

Doski itu sudah Satu Hati dengan MM seperti slogan di wearpack pembalap Repsol Honda Team. Kala Dani Pedrosa menggebrak di sesi FP 3 dan FP4, kubu Marquez langsung bereaksi. Membedah semua info, mengkalkulasi area sirkuit termasuk menggabungkan skill dan kecepatan RC213V sehingga duel dengan Lorenzo jadi unggul. Sebenarnya bukan hanya di trek lurus, sesekali Marquez sodok dari tikungan, kok.

Santi perintahkan tim untuk memodifikasi girboks pada gigi 6. Walau tak disebut, sudah pasti soal susunan pinion pada as utama dan counter as-nya.  Kolo di kita disebut hitung ulang perbandingan rasio gigi 6-nya agar pas dengan gigi 5. Begitu elmu kira-kiranya. Hitungan itu dicoba di sesi warm up dan terbilang oke. MM pun bisa  memanfaatkan slipstream yang membuat MM selalu bisa mengalahkan JL di ujung trek lurus Mugello ketika lomba. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Nih, Jawaban Marquez Disebut ‘Baby Alien’

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Mugello Italia (Race): Rossi Hanya Bercanda Pada GP Ke-300 Berikutnya

MotoGP 2014 Mugello Italia (Race); Kata Lorenzo Juara Sebentar Lagi, Hanya Kalah Trek Lurus

MotoGP 2014 Mugello Italia (Race): Marquez Mulai Bisa Hibur Penonton, ‘Permainkan’ Lorenzo

BAGIKAN