nhk

MotoGP 2014; Nih, Jawaban Marquez Disebut ‘Baby Alien’

 

 

ManiakMotor – Semua tahu apa itu alien. Mahluk luar angkasa yang diceritakan di film lebih perkasa dari manusia. Nah di bumi salah satu anaknya ada di MotoGP saat ini. Itu dia Marc Marquez. Kan si Marc digelari ‘Baby Alien’ from Repsol Honda Team.

Ketika loncat ke MotoGP tahun lalu cara bawa motornya memang bukan seperti manusia rata-rata. Lha, pembalap MotoGP saja sudah bukan manusia biasa bro, apalagi Marquez yang sudah bergelar mahluk luar angkasa. Ia masuk MotoGP dengan membawa teknik-teknik baru yang belum pernah dilakukan manusia di MotoGP, ya alien. “Dia memang istimewa,” kata Valentino Rossi pada Marquez. Rossi dulu juga dikenal sebagai alien dengan tipe helmnya seperti diilustrasikan di film-film alien.

Gaya memang mirip-mirip dengan Casey Stoner. Tapi teknik jelas berbeda. Kan disebut sebelumnya belum pernah ada di MotoGP yang hanya bisa dilakukan alien. You bisa bayangkan, menggeser roda belakang mirip Moto2 belum pernah ada. Dulu sih sesekali diperagakan Rossi tapi tidak seekstrem Marquez yang saban menikung bisa dilakukannya.

Skill dan fisik Marquez bisa bisa menggeser RC213V bermesin 1.000 cc prototipe dengan tenaga di atas 250 dk, agar sudut menikung lebih singkat. Tidak ikut pakem racing line yang selama ini terjadi. Masuk tikungan ia punya jalur sendiri. Usai itu ia tidurkan motor sampai 60o. Ketika rebah bila dulu ukurannya dengkul atau era Rossi pakai  siku, pada Marquez dua-duanya digunakan untuk keseimbangan meningkung. Bagia dia, dengkul dan siku sebagai roda ketiga digunakan untuk sliding. Trik itu diandaikan hanya bisa dilakukan anak yang naik UFO, hehe.

Tunggu dulu, belum selesai. Justru inilah puncak teknik yang belum pernah dilakukan manusia, hanya Baby Alien. Paling tidak selama MotoGP era modern. Paling tidak, selama portal maniakmotor.com hidup. Ayo kasih tahu dong! Itu dia momentum selepas tikungan. Belum selesai radius menikung, Marquez sudah menegakkan motornya, tapi gaya inersia luncuran hanya badannya yang mengimbangi. Makanya MM seperti gelantungan.

Dengan elmu kira-kira, ada dua keuntungan sekaligus pakai taktik tersebut. Yakni grip ban yang lebih banyak. Kan dengan posisi motor tegak, grip ban lebih mudah dapat cenkeraman. Motor juga seimbang diberi power bisa lebih besar, ketimbang lawan yang masih tiduran menyelesaikan jalur tikungan.     

Bukan hanya itu, Marquesz punya ‘hati’ alien. Buktinya, bukan hanya kencang dengan skill. Tapi juga bisa melayani duel dengan siapa saja, tak gentar dan tak gemetar. Tapi di akhir cerita film alien, tetap manusia yang menang. Tinggal menunggu manusia mana yang akan mengalahkannya, terutama membendung Marquez sudah enam kali mengawinkan pole dan juara. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Jelang): Hmm, Marquez Mulai Tergoda Balap F1!

MotoGP 2014 Mugello Italia (Paska Race): Sportifitas Crutchlow, Layak Sampeyan Contoh

MotoGP 2014 Mugello (Paska Race): Modifikasi Gigi 6 RC213V, Bukti Kecerdasan Tim Marquez

MotoGP 2014 Mugello Italia (Race): Rossi Hanya Bercanda Pada GP Ke-300 Berikutnya

MotoGP 2014 Mugello Italia (Race); Kata Lorenzo Juara Sebentar Lagi, Hanya Kalah Trek Lurus

 

 

 

BAGIKAN