nhk

MotoGP 2014; Paket Agresif Marquez Sama Lincahnya Dengan RC213V, Akan Belanjut

 

ManiakMotor – Honda RC213V 2014 tetap paket yang cocok dengan Marc Marquez. Hasil juara dunianya 2013 juga tak lepas dari itu, ya iyalah namanya juga juara. RCV bisa ia tekuk sana-sini dengan tepat pada jalur. Sasis dan mesin kompak dengan gaya anak muda dari Spanyol tersebut.

Tadinya, RC213V hanya unggul di tikungan-tikungan lambat. Toh, di tangannya bisa ia ubah sama baiknya di tikungan-tikungam panjang, makin jadi setelah separuh musim tahu ini. Kenapa? “Karena saya mencari kecepatan motor sampai limit di sesi latihan. Saya harus mengejar Dani (Pedrosa) dan Jorge (Lorenzo), keduanya jadi parameter saya,” jelas Marquez saat diwawancara portal ngetop di Spanyol. Omongannya sebenarnya soal jawaban sering kali dia jatuh di babak latihan. Bukan omongan soal setelan motormya, tetapi ada hubungan.

Itu keutungan buat mekanik Marquez. Mereka dengan cepat mendeteksi kemampuan onderdil motor RCV-nya. Kan, untuk dapat set-up, motor wajib dipacu sampai batas maksimum. Misalnya, ini hanya misal dan pendapat portal ini saja, jarak masuk atau jarak ‘mendem’ as-sokbreker saat pengereman sampai limit mereka segera tahu. Sehingga bisa menentukan nomor kekentalan oli, jumlah oli, pegas suspensi dan sebagainya.  Ilmu kira-kiranya kan bagian ini yang selalu diutak-atik di balap motor. Termasuk memberi mapping ECU yang pas dari analis telemetri di MotoGP.

Itu diakui bos HRC Livio Suppo di MCN beberapa waktu lalu, walau tidak bercerita soal mekanik di belakang Marc dengan mudah bikin settingan. Katanya kecepatan Marquez sejak free practice membantunya untuk dapat menyesuikan dengan motor. “Unik memang yang ia lakukan. Dia dengan cepat menyesuain karakter motornya,” jelas Suppo.

Pada dasarnya RC213V yang Juni 2012 lalu diperbarui oleh Pak Shuhei Nakamoto, memang motor yang agresif. Lincah dalam pindah-pindah gigi lantaran SSG-nya sudah ‘matang’, lincah pula  nengok-negoknya. Itu telah kelihatan sejak digunakan Casey Stoner dan Dani Pedrosa tahun lalu. Terutama dalam upaya Pedrosa untuk mengejar poin dari Lorenzo.

Marquez yang  ‘superagresif’ cocoklah dengan RC213V. Itu namanya satu paket. Paket yang kalau dilihat dari hasil testing di Valencia baru lalu akan terus belanjut dengan RC213V 2014. Paket ini tentu dengan penyesuian aturan baru ECU dan bahan bakar yang tetap saja Marc yang tercepat. Ito     

BACA JUGA

MotoGP 2014; Valentino Rossi Resmikan ‘Markas’ Sky-VR46 Moto3

MotoGP; Jorge Lorenzo Geber Supersport Yamaha YZF R6 Di Sentul

MotoGP 2014: 3 Yamaha, 2 Honda Daya Tarik Musim Depan, Termasuk Rossi

MotoGP: Sirkuit dan Tikungan Paling Parah Musim 2013

MotoGP 2014; Spanyol Makin Banyak Dan Kuat, Rossi Jangan Mau Jadi Penonton

 

BAGIKAN