nhk

MotoGP 2014 Paska Austin Amerika: Lorenzo Tak Mikir Kejuaraan Dunia, Dituding Konyol Nggak Siap Fisik

 

ManiakMotor –Sudah jatuh tertimpa tangga, kena omel pula. Itulah nasib Jorge Lorenzo di dua seri awal MotoGP 2014 meskipun sudah ikhlas meminta maaf. Yang ngomel tentu saja penggemar MotoGP. Kolo petinggi Movistar Yamaha MotoGP, cukup ngomelnya dalam hati.

Insiden jump start di GP Austin 13 April itu tak hanya JL terpuruk di klasemen MotoGP 2014 dengan defisit poin 44 dari Marc Marquez. JL juga harus menghadapi kritik bertubi dari bebagai penjuru. Beragam analisa pun berterbangan di jagat media. Bahwa start  JL di Austin sangat konyol dan tak seharusnya dilakukan pemegang dua gelar dunia.

Juga dituding persiapan fisik JL musim ini sangat minim. Padahal memang iya dan sempat kegemukan jelang dua minggu seri pertama. Lorenzo dan Yamaha juga terkesan lebih banyak beraktivitas promosi ketimbang latihan fisik dan skill. Makanya mental  JL kini terbanting oleh rider muda senegaranya dan menjadi ikon baru Spanyol.

“Begitu banyak omongan kalau saya sudah begini, begitu dan sebagainya. Dalam kondisi saat ini memang sangat mudah mengatakan apa pun. Oke, saya terima kritik tersebut. Tapi, apa yang bisa saya lakukan selain terus bekerja. Saat berada dalam situasi sulit saya justru lebih termotivasi untuk bangkit,” ujar JL yang sebelum ke Austin melanglang buana lebih dulu ke Kolombia dan Meksiko untuk kegiatan promosi Yamaha dan tiba di Austin dalam kondisi flu.

Ia pun menilai terlalu dini menganggap potensi dirinya kini tipis menjadi juara dunia lagi karena kompetisi 2014 masih sangat panjang. “Saya tak ingin memikirkan kejuaraan dunia pada saat ini, saya memang mulai dengan sangat buruk. Masih ada 16 race di depan dan yang harus dilakukan adalah bangkit secepat mungkin. Bertarung memperebutkan podium dan bertarung merebut kemenangan secepat-cepatnya,” tandasnya.

Akhir April nanti JL pun kembali ke Amerika Latin. Bukan untuk promosi lagi bro yang jelas bikin capek pembalapnya. Tapi bertarung di GP Argentina yang baru musim ini kembali lagi menghelat MotoGP. Menjadi lebih seru karena trek Autodromo Termas de Rio Hondo belum pernah dijajal JL maupun pesaingnya macam Marquez dan Dani Pedrosa. Mereka masih buta soal karakter lintasan sepanjang 4,806 km dengan 14 tikungan (9 kanan, 5 kiri) itu. “Jika karakter lintasannya sama dengan Austin maka itu akan sangat menyulitkan.  Jika treknya normal mungkin bisa lebih bagus buatku,” harap juara dunia 2010 dan 2012 itu.

Ayo bangkit…bangkit…supaya kompetisi tetap dalam suhu panas! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Pasca Austin Amerika: Benar! Rossi Terganggu Jump Start Lorenzo

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Bradl Perkuat Keluhan Rossi

 

 

 

BAGIKAN