nhk

MotoGP 2014 Paska Austin: Ban Marquez Istimewa, Milik Rossi Sedang Diinvestigasi

ManiakMotor – Dari 23 starter MotoGP Austin, 22 di antaranya pakai ban belakang bekompon sedang-sedang saja (medium tyre) saat race. Hanya satu yang pakai hard tyre (keras) dan doskilah sang juaranya, Marc Marquez.

Itu salah satu bukti taktik penguasaan motor dan sirkuit yang cerdas dari Marquez. Karakter sirkuit dan suhu lintasan dituangkan pada setingan. “Harapannya sih semua pembalap pakai hard tyre karena produksi 2014 telah diperkuat dari spek sebelumnya. Tapi, berkaitan dengan cuaca saat itu, mereka memutuskan medium. Tahun lalu pun Marc pakai hard tyre di sini dan menang,” tutur Mazao Azuma dari Departemen Bridgestone Motorsport yang menyuplai semua ban MotoGP.

Kompon keras cocok dengan MM, karena gayanya sebenarnya cukup menggerus ban di Austin. Lha wong, rpm tinggi melulu di semua sektor Austin dan semua rekor ia patahkan. Berarti gasingan roda lebih banyak dari musuh-musuhnya. Logikanya kompon juga banyak yang habis, makanya dipilih hard.    

Terus, apa yang terjadi pada ban depan dikeluhkan pembalap, terutama Valentino Rossi dan Stefan Bradl? Azuma mengakui kejadian itu di mana ban depan Rossi dan Bradl memang habis di sisi kanan. Jadi, bukan karena kedua pembalap itu sekadar bikin alasan gagal ke podium.

“Karakter Austin memang membutuhkan sisi kanan yang harus lebih kuat dan kami sudah mendesainnya seperti tuntutan itu. Kami perlu cermati lagi semua kemungkinan yang berkaitan seperti riding style, karakter mesin, dan kondisi cuaca saat balapan terjadi,” katanya.

Semua data itu pun dibawa ke pusat untuk investigasi dan analisa lebih lanjut. Soal hasilnya, nantinya mungkin cukup untuk mereka saja guna pengembangan ban musim depan. Tidak untuk sampeyan ketahui hehehe. Yang pasti, itu penguatan pendapat  Rossi dan Bradl memang terkendala ban depan. Tapi, kalaupun ban depannya ndak masalah, apa bisa ngelawan Marquez ya?

Balas di Argentin? Ah itu pun masih tanda tanya, sirkuit baru, bro. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Rossi Tetap Bergairah Ke Argentina, Anak Buah Ke Podium

MotoGP 2014: Kontrak Marquez Berlanjut, Pedrosa Tanda Tanya

MotoGP 2014: Podium Ducati Di Amerika, Berkat Regulasi Open Class?

MotoGP 2014 Paska Austin Amerika: Lorenzo Tak Mikir Kejuaraan Dunia, Dituding Konyol Nggak Siap Fisik

 

 

 

BAGIKAN