nhk

MotoGP 2014: Penasaran Pada Open Class, Waspada Tim Satelit

 

ManiakMotor – Setelah Loris Capirossi, gantian Randy Mamola yang bahas kelas baru Open Class (OC). OC bisa saja mendobrak sejak awal. Bikin penasaran euy!

Betul Masbro, kelas anyar pengganti CRT itu sedang ditunggu gregetnya. Maklum, Honda dan Yamaha ikut bertempur di kelas ini dengan langsung menjadi penyuplai mesin. Gengsi kedua merek itu tetap jadi taruhan. Bagaimana performanya untuk saat ini lebih menarik dinanti ketimbang petempuran RCV213V versus YZR-M1 yang memang sudah tradisi MotoGP dari musim ke musim. 

Seperti ulasan sebelumnya, regulasi OC yang membawa 24 liter bahan bakar (pacuan pabrikan cuma 20) plus ban lunak yang tebal, jadi keuntungan. Kendati perangkat ECU-nya masih made in Magneti Marelli yang sebenarnya belum terbukti apa-apa. Tapi dengan racing fuel  lebih empat liter, mekaniknya lebih berani berkreasi. Juga pembalapnya jadi nekat dengan spek karet item-nya. 

Itu yang diyakini menjadi nilai plus pada trek tertentu dibandingkan tim pabrikan. Untuk single lap macam kualifikasi dan free practice, joki OC pun diprediksi bisa bersaing. Benarkah begitu? Jawaban awalnya bisa dilihat pada tes Sepang 4-6 Februari ini! 

Secara khusus Mamola bilang penasaran pada hasil yang akan dicapai Nicky Hayden yang memilih tarung di OC ketimbang memperkuat tim pabrikan Ducati di WSBK. Bukan karena sesama rakyat Amerika Serikat, tapi lebih karena Hayden adalah juara dunia 2006 dengan Honda dan kini kembali ke Honda. “Pasti sekali Nicky akan bikin Honda RCV1000R menjadi sesuatu,” ucap Mamola seolah menyitir istilah ‘sesuatu’ yang dipopulerkan Syahrini nan cantik dan bahenol itu. 

Maksudnya tentu gebrakan spesial yang bisa mengejutkan. Saat ini Mamola pun wajib memantau dan mengantisipasi bakal kejutan dari Hayden maupun pembesut OC lainnya. Maklum, kini pembalap GP500cc era 1970-an itu menjadi manajer Bradley Smith di tim satelit Monster Yamaha Tech3. 

Dan, anak-anak tim satelit itulah yang paling memungkinkan untuk disikat. Terlalu jauh jika membidik tim pabrikan, terlebih karena  Honda dan Yamaha pun pasti tak mau itu terjadi. Kan regulasi dibuat tak mungkin OC jadi juara dunia hehehe. Lha wong mereka yang bikin. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Capirossi Prediksi Jalannya Test Sepang

MotoGP 2014: Yamaha Dapat Pundi, Rossi – Lorenzo Tambah Beban Promosi

MotoGP 2014: Scott Redding, Bisa Jadi Pembalap Besar Tahun Ini..!

MotoGP 2014: Tampil Modis di Majalah Pria, Marquez Akui Perselisihan Dengan Pedrosa

 

 

 

BAGIKAN