nhk

MotoGP 2014 Philip Island Asutralia (Race): Rossi Juara Diuntungkan Cara Bawanya, Kompon Ban Awet

ManiakMotor – Memang ada yang jatuh akibat senggolan di Philip Island saat race MotoGP pada Ahad 19 Oktober. Tapi sebagian besar yang terpeleset akibat ban Bridgestone, walau belum ada konfirmasi dari pabrik bannya tersebut. Mereka berjatuhan karena kehilangan grip tiba-tiba macam Marc Marquez, Cal Crutchlow, dan Aleix Espargaro.

Sedang Jorge Lorenzo from Yamaha cepat tahu diri untuk mengatur kecepatannya. Ia sudah tahu gelagat soal ban. “Roda depan saya sering bergeser. Tak bisa diajak laju di dalam tikungan. Itu karena kompon ban yang sudah tak kuat,” cerita Lorenzo dalam jumpa pers yang naik podium.

Maka di situlah kelebihan Valentino Rossi. Tak percuma dia bergelar The Doctor. M1-nya satu-satunya dari awal lap sampai finish punya konsistensi kecepatan. Lalu kelebihannya apa dong? Ia memiliki taktik bawaan  yang  halus mengangkat rpm dan melakukan pengereman. Rossi menaikan rpm bukan dengan cara tiba-tiba, selalu berurut. Sama juga dengan pengereman yang tidak dilakukan serentak namun punya persentase seiring dekatnya titik masuk tikungan. Makanya kompon bannya utuh sampai akhir lomba.

Sekadar diketahui ban Bridgestone yang dipakai di Philip Island ini produksi khusus, hanya dikeluarkan untuk sirkuit tersebut. Sebab tahun lalu produksi yang umum untuk MotoGP nggak kuat dipakai sepanjang 27 lap. Makanya muncul ban special tersebut dan baru kali ini diocaba di balap benaran.

Sehari sebelum balapan saat semua peserta mengeluhkan ban, Rossi malah bilang, ban khusus produksi Bridgestone nggak buruk-buruk amat. “Lagi pula saya berhasil menikmati balapan. Jujur saja, Philip Island adalah sirkuit banyak tantangan soal ban,” jelas Rossi pada jumpa pers pemenang yang diadakan usai lomba.

Selamet kalau begitu. Kan lumayan tahun ini sudah dua kali menang. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island, Australia, Semua Kelas Dan Sesi 17 – 19 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Philip Island, Australia (Race): Rossi Juara, Ke-2 Lorenzo, Marquez Jatuh

BAGIKAN