nhk

MotoGP 2014 Philip Island, Australia: Stoner Bilang Teknologi RC213V Mudah Dikebut Marquez

ManiakMotor – Boleh percayalah yang bicara Casey Stoner yang pernah juara dunia dengan Honda dan penguasa Philip Island sampai dia pensiun. Katanya Honda lewat HRC punya teknologi yang mudah dimengerti oleh pembalapnya. HRC membangun motor yang canggih, namun prakteknya sederhana  untuk pembalap. Maksudnya mudah membawanya yang dimulai dari proses set-up.

Kata Stoner semua merek punya potensi menang di balap motor. Tapi Honda dirancang lebih mudah menang. “Saya sudah rasakan langsung saat masih dikontrak merek itu dan saat saya pensiun untuk diminta testing,” jelas Stoner yang mungkin membandingkannya dengan Ducati yang pernah dibelanya dan jadi juara dunia 2007.

Stoner pun tidak heran Marc Marquez bisa juara berturut-turut. Itu tadi motor yang mudah dikendarai.  Marquez bisa meterjemahkan karakter RCV dengan mudah pada semua jenis sirkuit. Namun Stoner yang berbicara di Philp Island, Australia dalam rangka ronde 16 MotoGP pada Jumat 17 Oktober itu, mengingatkan, pada saat bersamaan penantangnya punya  masalah masing-masing macam Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

Memang tak sebut detil, tapi bisa dikira-kira atau dibaca pada tulisan-tulisan sebelumnya di portal ini. Contoh, awal musim Rossi keteteran dengan distribusi bobot yang akhirnya menyerang pengereman. Lalu Lorenzo yang terlalu banyak leha-leha hingga dia kegemukan. Itu  membuat Lorenzo tak bisa mengembangkan kecepatan sehingga para insinyur racing Yama sulit meriset M1. Kan, motor yang digeber sampai limitnya baru bisa ketemu risetnya, pak! Kalau Pedrosa, sampeyan juga tahulah.

Toh ia mengakui talenta dan bakat Marquez yang memang luar biasa. “Ia bisa menang berturut-turut bukan soal mudah. Itu artinya memang dia sanggup. Dominasi (teknik) Marc memang lengkap,” jelas Stoner yang berbicara usai pengresmian patung dirinya di Philp Island, Jumat 17 Oktober.

Sekali lagi Stoner mengatakan, Marquez menjadi satu paket dengan Honda RCV yang mudah dikebut tersebut. Stoner bilang akan kembali siap mengetes ulang RCV masa depan. “Dua kali test terakhir  dihadang hujan. Testing itu kurang maksimal. Tapi sekarang saya siap, kalau masih dipakai,” tutup Stoner sembari bilang RCV yang ditest-nya nanti pasti lebih mudah dibawa pembalap, hehe. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island, Australia, Semua Kelas Dan Sesi 17 – 19 Oktober 2014

MotoGP 2014 Philip Island (Jelang FP3/QTT): Stoner, Doohan dan Gardner Dibuatkan Patung Kenangan

MotoGP 2014 Philip Island, Australia (Jelang Race): Melawan Lorenzo Dan Pedrosa, Rossi Singgung Soal Pribadi

MotoGP 2014 Philip Island, Australia (FP2): Lorenzo Tercepat Latihan Bebas Kedua, JL Juga Jatuh

MotoGP 2014 Philp Island, Australia (FP1): Aleix Tercepat Latihan Bebas Pertama, Lorenzo Ke-2

 

BAGIKAN