nhk

MotoGP 2014 Philip Island (Jelang FP3/Q2): Ban Baru Jadi Masalah, Rossi Belum Jajal

ManiakMotor – Ban depan asimetris yang dikhususkan Bridgestone untuk seri  balap Philip Island ternyata bermasalah. Tinggal tunggu kondisi FP3 dan FP4 pada Sabtu (18/10) untuk tentukan nasib selanjutnya.

Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Pol Espargaro dan Alvaro Bautista terjengkang dan jumpalitan. Itu pasti juga diikuti motornya yang terguling-guling di hari pembuka Jumat (17/10) pada FP1 dan 2. Ban depan asimetris itu ditengarai sebagai biang keladi. Bagian kanannya lenbih lembut dan kiri keras sesuai jumlah tikungan dilewati. Sedang  alur tengah juga keras. Pihak Bridgestone belum menemukan faktor spesifik jika ban depan itu memang tak layak.

Sejauh ini karakter ban ini dianggap kurang bersenyawa dengan aspal di saat suhu dingin. “Ada 32 tipe kompon pada sisi kanan dan tengah. Sedang kirinya menggunakan 31. Terasa terlalukeras di lintasan. Karakternya harus dipelajario lebih banyak. Mungkin dalam kondisi cuaca yang panas tipe ban ini bagus,” komentar Lorenzo.

Valentino Rossi tadinya telah bersiap menjajal tipe ban depan itu, tapi urung setelah lihat JL terjengkang. Ia dan tim teknis mencurigai ban depan sebagai penyebab. Rossi pun latihan pakai ban yang umum digunakan selama ini. “Kita tunggu keadaan pada Sabtu apakah perlu coba ban depan asimetris. Kelihatannya sih cocok, namun sangat bergantung pada kondisi,” tambah Rossi.

Ban belakang juga jadi isu di Philip Island. Formula ban diracik baru akibat kasus tahun lalu yang daya tahannya hanya sanggup 14 laps. Saat itu tingkat abrasinya sangat cepat. Makanya sesi Jumat belum bisa menyimpulkan apakah ban itu bisa tahan sampai akhir balapan.

“Secara umum konsisten meskipun faktanya mengurangi kecepatan dibandingkan musim lalu. Bisa dilihat pada beberapa pembalap, salah satunya Rossi, yang bisa bertahan 20 lapdengan ban belakang baru. Sejauh ini positif namun kami tetap menunggu masukan dari pembalap,” komentar Carmine Moscaritolo dari pihak Bridgestone. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island, Australia, Semua Kelas Dan Sesi 17 – 19 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Philip Island, Australia: Stoner Bilang Teknologi RC213V Mudah Dikebut Marquez

Moto2 2014 Philip Island (FP2): Rabat Mulai Berhitung, Kallio Makin Jauh

MotoGP 2014 Philip Island (Jelang FP3/QTT): Stoner, Doohan dan Gardner Dibuatkan Patung Kenangan

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353