nhk

MotoGP 2014: Podium Ducati Di Amerika, Berkat Regulasi Open Class?

ManiakMotor – Semua pihak rasanya sepakat kalau bilang iya untuk pertanyaan di judul itu. Kecuali Andrea Dovizioso yang podium di GP Austin tapi diperlakukan Ducati seolah dialah sang juara saat lomba seri 2 MotoGP 2014 di Austin, Amerika, 13 April lalu.

Bagi Dovi tak sepenuhnya benar mereka diuntungkan regulasi Open Class (OC) meski faktanya Desmosedici GP14 mulai mengilap. Itu setelah menanggalkan status sebagai tim pabrikan. Di Qatar ia dan Cal Crutchlow finish 5 dan 6. Puncaknya di Austin trek sulit yang sebenarnya jadi musuh understeering.  

Dovi naik podium meski secara waktu tertinggal nyaris 21 detik dari Marc Marquez pembesut Honda RC213V. “Regulasi memang menguntungkan, tapi itu hanya dalam bentuk keleluasaan tes jumlah mesin. Perbedaan besar musim ini adalah kinerja mesin yang lebih punya tenaga, pengereman  bagus serta kecepatan dalam tikungan meningkat,” tutur eks pembalap Repsol Honda dan Yamaha Tech3 itu.

Banyaknya bahan bakar di sisi bobot memang merugikan. Tapi dari efisiensi volumetrik mesin menguntungkan tanpa perlu teknologi ruwet. Maksudnya bobot naik akibat banyak bahan bakar, tapi tenaga bisa lebih banyak ketimbang naiknya bobot. Akibat dari itu mesin ancur nggak masalah, lha wong dijatah 12 unit mesin per tahun dibanding pabrik 5 unit. Sayang,  dirahasiakan jumlah liter sesungguhnya yang dibawa Desmo saat balapan.

Soal ban khusus OC yang lembut, katanya, tak berpengaruh karena tipe ban itu hanya beguna di saat kualifikasi.  Sangkalan Dovi bisa benar bisa juga salah, hanya waktu yang nanti bisa menjawab. Yang jelas, jika dua kali Ducati naik podium ketiga saat dry race maka itulah saatnya status mereka naik dari OC menjadi Factory2.

Bisakah? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Paska Austin Amerika: Lorenzo Tak Mikir Kejuaraan Dunia, Dituding Konyol Nggak Siap Fisik

MotoGP 2014 Pasca Austin Amerika: Benar! Rossi Terganggu Jump Start Lorenzo

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Bradl Perkuat Keluhan Rossi

MotoGP 2014 Austin (Race): Hanya Terkilir, Crutchlow Boleh ke Argentina

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353