nhk

MotoGP 2014 Qatar: Rame Nih, Dorna Paksakan ECU Seragam, Tak Peduli Ancaman Honda

 

ManiakMotor – Sepak terjang motor Open Class saat test, Dorna yakin pada ECU (Electronic Control Unit) seragam. Jelang MotoGP Qatar, Dorna Sports tegas putuskan penggunaan ECU standar. Mereka rapat khusus yang diisi CEO Dorna Carmelo Ezpelata dengan dedengkot FIM (Federasi Balap Motor Dunia), IRTA (Asosiasi Tim Balap MotoGP), dan MSMA (Asosiasi Manufatur MotoGP) di LOsail, Qatar, 18 Maret.

Ditetapkan proposal penggunaan ECU seragam bagi semua kontestan MotoGP per 2016. Persoalan ini telah kisruh tahun lalu, saat gagasan awal standarisasi ECU itu digulirkan. Honda paling getol menentang, mereka  lebih suka mengembangkan ECU sendiri. Alasan Honda di situlah kunci teknis yang ingin mereka dalami, MotoGP hanyalah laboratorium untuk harian dan promosi.

Reaksi Yamaha pun tampaknya sama  meski tak diungkap segarang Honda. Vice President HRC Shuhei Nakamoto berkali-kali mengingatkan akan cabut dari MotoGP jika Dorna memaksakan penggunaan ECU sama rata. Dan, itulah yang kini sudah ditetapkan dan diberlakukan usai musim 2015.

Tadinya, ECU buatan Magneti Marelli (Italia) ingin diberlakukan per musim 2014. Tujuannya  menyeimbangkan kekuatan teknis peserta agar balapan MotoGP yang  menarik. Dengan begitu animo penonton pun tinggi. Seperti sampeyan tahu, ECU 2014 akhirnya diberi kelonggaran  dan memperkenalkan Open Class dengan ECU Magneti Marelli 

Eh, ternyata  performa OC oke di tes pramusim dan menempel pabrikan. Dorna pun mendadak bikin reguasi baru, yakni Factory2, yang penjelasannya sudah dikupas portal  ini. Soal Factory2 itu sekalian ditetapkan sebagai keputusan rapat kemarin.

Selanjutnya semua tim boleh ikuti proses pengembangannya lewat website khusus dan masing-masing tim boleh memodifikasinya sampai batas tertentu. Jadi, masih ada celah kompetisi dalam hal modifikasi itu. Sampai saat ini belum keluar reaksi pihak Honda yang selama ini menentang! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Ducati Diacak-acak, ‘Dibuang’ ke Kelas Factory2, Regulasi Desakan Honda???

MotoGP 2014 Jelang GP Qatar: Format Khusus Losail, 4 Hari 4 Malam

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Marquez Mulai Pulih, Suppo Yakin Ngacir

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Aleix Tahu Diri, Sungkan Sesumbar Podium

MotoGP 2014 Jelang Qatar; ‘Spek’ Sirkuit Losail, Tempat Duel Menarik

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Rossi Tetap Pede, Tiga + 1 Lawan Satu

 

 

BAGIKAN