nhk

MotoGP 2014: Regulasi Baru Buka Celah Stoner ke Repsol Honda

ManiakMotor – Regulasi soal penghapusan tim CRT, jatah mesin, pengunaan ECU standarisasi Dorna dan kapasitas bahan bakar sudah lama disosialisasikan. Beda dengan jumlah pembalap dalam tim pabrikan, tiba-tiba ada tuh, walau sebelumnya ada dan samar-samar.

Dalam regulasi 2014 yang baru saja diberlakukan, ada tambahan poin yang menyangkut jumlah pembalap dalam tim pabrikan. Kini diatur kalau sebuah tim boleh dihuni sampai 4 pembalap. Karena munculnya belakangan dan berbarengan dengan program tes Casey Stoner di Motegi, Jepang, wajarlah kemudian timbul pertanyaan. Apakah aturan baru itu penegasan Dorna agar Stoner bisa gabung lagi di Repsol Honda?

Alasan resmi Dorna meluncurkan aturan itu adalah menambah persaingan di tim pabrikan. Seolah itu mengngatkan bahwa pabrikan silakan menambah pembalapnya yang saat ini hanya dua. Itu juga celah yang bisa dipakai jika Stoner ingin balapan lagi dengan Repsol Honda karena Dani Pedrosa dan Marc Marquez sudah diikat kontrak sampai 2014.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Masih encer dalam ingatan di akhir musim 2012, tiba-tiba keluar aturan yang membolehkan seorang rookie langsung memperkuat tim pabrikan. Padahal, sebelumnya, aturannya mengharuskan sang ‘pmula’ mampir dulu setahun di tim satelit untuk selanjutnya naik ke tim pabrikan, seperti dilakoni Ben Spies. Nah, aturan itulah yang membuat Marquez tak perlu magang di tim satelit dan langsung gabug di Repsol Honda. Perubahan regulasi itu sangat terang untuk keperluan tim Repsol Honda dan promosi Marquez dari kancah Moto2.

Di era GP 500, Repsol Honda pernah punya tiga pembalap dalam timnya yakni Mick Doohan, Alex Criville, dan Tadayuki Okada. Pada era MotoGP pun tim ini pernah memainkan tiga rider sekaligus, yakni Stoner, Pedrosa, dan Andrea Dovizioso yang berkhir pada 2011.

Jika musim depan kran dibuka untuk 4 pembalap di Repsol Honda, mungkinkah Stoner salah satunya. Sementara ini tak perlu dijawab Brosist karena memang tak ada jawaban pasti. Dibilang mungkin, sejauh ini tak ada pernyataan resmi dari yang bersangkutan. Kalau ndak mungkin, lantas buat apa regulasi itu ditongolkan lagi seperti penegasan dan buat apa pula Stoner mendadak tes di Motegi, Jepang? Masa iya sih sekelas Stoner hanya untuk ngetes motor versi jualan 2014 yang speknya di bawah tim satelit?

Artinya makin seru..!!!! Siapa tahu Yamaha juga menambah kuota tim pabrikannya dengan Cal Crutchlow, kan bisa empat pembalap??? Andro

Berita Terkait 

MotoGP 2013: Andai Crutchlow ke Ducati, Mantaplah Itu

MotoGP 2013: Nongolnya Stoner Makin Misterius, Paruh Musim

MotoGP 2013: Regulasi Baru 2014 Ditetapkan, Suzuki Masih Puyeng

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang

MotoGP 2013: Aprilia Digoda Jadi Tim Pabrikan 2014

 

BAGIKAN