nhk

MotoGP 2014: Rossi Beri 6 Ronde Buat Galbusera, Pensiun Jika gagal

 

 

ManiakMotor – Sampai kapan pun Valentino Rossi akan terikat dengan balap motor karena itulah dunianya. Tapi, dengan Yamaha, ikatan kontraknya tinggal setahun saja. Macam mana selanjutnya? Isu pensiun memang terus menerus melanda The Doctor dalam usianya yang musim depan 35 tahun. 

The Doctor sadar itu dan suatu saat harus berhenti karena factor ‘U’. Tapi, kapan bos? “Saat tak lagi bisa melawan 3 pembalap terdepan untuk bertarung ke podium. Maka ketika itulah untuk memutuskan pensiun,” ujar The Doctor dalam wawancara khususnya dengan jaringan televisi Mediaset Italia dan kemudian disebarluaskan media-media online macam portal yang sampeyan baca ini. 

Ia bilang tahun depan adalah penentuan buatnya untuk balapan lagi atau tidak. Itu akan ia putuskan setelah menilai hasil keseluruhan dari enam seri awal 2014. Itu berarti usai GP Italia di Sirkuit Mugello yang menempati ronde keenam musim depan. “Enam balapan sepanjang Maret dan Juni tahun depan bakal jadi krusial dan penentu apakah saya terus balap atau saatnya bilang stop,” katanya. 

Acuannya hanyalah seberapa besar kinerjanya bersaing memeperebutkan posisi tiga besar. Itu terkait dengan faktor fisik dan kualitas pacuan yang lebih kompetitif. “Saya sendiri ingin balapan beberapa tahun lagi, tapi dengan syarat berada dalam posisi mampu bersaing,” tegas The Doctor yang sudah membangun tim VR46 sebagai sarana agar kelak tetap di lingkungan balap motor. 

Musim 2013 Rossi gagal bersaing dengan trio Spanyol Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa. Menurut beberapa pengamat, usia adalah hal pertama yang membuatnya gagal membendung tiga rider muda itu. Tapi, menurut Rossi, sendiri setingan M1 yang tak kunjung apik. Itu yang membuatnya hanya bercokol di urutan 4.

Rossi yakin masalahnya pada motor, bukan pada fisik. Itu juga makanya Jeremy Burgess diganti Silvano Galbusera dengan harapan ada nuansa berbeda dalam tim teknis The Doctor. Siapa tahu terobosan brilian dibidang teknik bisa diperlihatkan Pak Galbu.

Dengan pernyataan lewat layar kaca itu, The Doctor jelas mengirimkan ultimatum sekaligus deadline kepada Pak Galbu. Jika dalam enam seri awal tahun depan M1-nya masih kalah, maka itulah pertanda The Doctor akan hilang dalam peredaran pembalap musim 2015. Bagaimana kalau sebaliknya, M1 kencang di single lap tapi Rossi tak sanggup meladeninya dalam raceday? Itu juga sepertinya tanda untuk pensiun. Bukankah begitu, Doc? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Lorenzo Tanggapi Isu Pensiunnya Rossi

Motor Baru 2014; Yamaha R25 (R250); 2 Silinder Digeber Rossi, Sudah Ada Tuh!

MotoGP 2014; Paket Agresif Marquez Sama Lincahnya Dengan RC213V, Akan Belanjut

MotoGP 2014; Valentino Rossi Resmikan ‘Markas’ Sky-VR46 Moto3

MotoGP; Jorge Lorenzo Geber Supersport Yamaha YZF R6 Di Sentul

MotoGP 2014: 3 Yamaha, 2 Honda Daya Tarik Musim Depan, Termasuk Rossi

BAGIKAN