nhk

MotoGP 2014: Rossi Serius Kembangkan VR46, Gaya Balap Tetap Sama

 

ManiakMotor – Valentino Rossi tak ingin jauh dari dunia balap motor sampai tua nantinya. Sekarang kan baru setengah tua hehehe. Maka VR46 Academy pun dikembangkan profesional.

Bukan cari tambahan duit, The Doctor sudah kaya raya. VR46 sebagai perusahaan merchandise pun beri keuntungan berlimpah. Pemegang 9 gelar dunia ini ingin mendedikasikan dirinya membawa para pembalap Italia ke jenjang dunia. Caranya dengan terjun langsung sebagai pembinanya alias mentor, bahasa sana coach.

Rossi dan kawan-kawan yang berpengalaman, kini mengembangkan VR46 Academy ke jenjang tersebut. Talenta-talenta muda yang bergabung tak lagi hanya berlatih di lintasan dirt track milik Rossi di Tavullia, Italia, tapi juga bebas latihan fisik di gym milik Rossi.

Lalu Rossi memberi teori balapan sekaligus prakteknya, dan semua aspek umum yang berkaitan dengan balap motor dunia. Misalnya pengaruh media, sponsor, pengatahuan soal kontrak, promosi, dan fun. Mental pun digembleng melibatkan pakar psikologi remaja di Italia.

Intinya, Rossi ingin siapkan binaannya sematang mungkin sebelum berkompetisi resmi. “Secara berkala saya akan membagi pengetahun dan pengalaman buat mereka,” ujar Vale yang untuk pertama kalinya akan bertindak resmi sebagai mentor. Saat memperagakan cara menikung di dirt track, gayanya belum berubah dari waktu ke waktu dengan belok versi aspal dan tanah. Perhatikan foto di atas. Itu modal utama sebagai pelatih. Murid nggak pandang remeh.

Tak sembarang terima murid. Kasifikasinya setidaknya bukan pembalap baru dan punya talenta. Mereka dipoles dan diterjunkan di kejuaraan Italia, Spanyol, maupun Moto3/2 dan Superstock. Saat ini VR46 Academy punya enam siswa pilihan dari Tavullia, kampung halaman Rossi. Mereka adalah Franco Morbidelli yang musim ini main Moto2, serta duet Romano Fenati dan Francesco Bagnaia yang kini memperkuat tim Sky VR46 di ajang Moto3.  Tiga lainnya adalah rider muda yang tengah berkompetisi di kancah CEV Spanyol, yakni Luca Marini (adik tiri Rossi), Andrea Migno, dan Nicolo Bulega.

Siapa dari mereka itu yang kelak layak jadi titisan The Doctor? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Serba Gelap di Seri Pembuka Losail Qatar

MotoGP 2014 Jelang Losail: Pertempuran 5 Yamaha, Warna Seri Pembuka Qatar

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar; Sejarah Kakak-Adik Satu Lintasan, Pol-Aleix Espargaro Masa Kini

MotoGP 2014: Rilis Spesifikasi Desmosedici GP14, Ducati Adu Cerdas Dengan Dorna

Moto2/3 2014 Tes2 Jerez: Nakagami Dominasi Moto2, Besutan Rossi Punya Prospek

 

 

BAGIKAN