nhk

MotoGP 2014; Rossi Seyakin-Yakinnya Dengan M1 2014, Ada Perkembangan..?

 

ManiakMotor – Valentino Rossi ke Indonesia mengresmikan livery baru M1 dan kostumnya 2014, begitu yakinnya telah terjadi perubahan pada motornya.  Bahwa M1-nya akan kompetitif. “Saya yakin lebih bagus dari 2013, mekanik Yamaha telah melakukan perubahan dan pengembangan yang akan berlanjut,” jelas Rossi di hadapan para dealer Yamaha di Indonesia beberapa waktu lalu di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bang Rossi baru dua kali ‘pegang’  Yamaha M1 2014 yang karakternya sebagian besar dirancang atas masukkannya, supaya klop dengan maunya dikebut. Tentu saja hasil galian dari testing dan kompetisi MotoGP 2013.

Alasan Rossi M1 edisi tahun lalu, tuh distribusi bobot kurang cocok dengan gayanya membalap, sulit diset-up dan hanya di Assen ketemu settingan. Belakangan, masalah ini merembet pada sistem pengereman yang cepat membara. Apakah ini yang membaik? Nggak dijawab…

Dua kali uji coba itu, Rossi tidak pernah pertama dalam hal catatan waktu. Di Misano pada September 2013 ia hanya ke-3 di bawah Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Testing kedua di Valencia malah merosot ke-7 dari akumulasi semua kontestan. Memang hari ke-3, Rossi dan Lorenzo memih istirahat di Valencia. Di sana juga Rossi telah didampingi kepala mekanik baru, Pak Silvano Galbusera dan menyatakan garis besar testingnya di jalur yang tepat.  

Dari ilmu analisa yang diterawang portal ini, Rossi dikenal tidak mengejar  catatan waktu, walau catatan tercepat tetap sebagai parameter bagi yang awam. The Doctor lebih suka motor yang secara keseluruhan konstan mengitari sirkuit berkali-kali. Maksudnya enak untuk ditekuk sana-sini dan tak perlu banyak koreksi saat berlomba. Seperti itu Rossi saat ia masih di bawah 30 tahun. Tak perlu tercepat di single lap, tapi juara saat laga. Bisa jadi, begitu yang dirasakan Rossi dalam dua kali testing dengan M1 2014. Disebut bisa jadi, kan nggak dijawab tadi, bro.

Usai testing di Valencia sampai sekarang, Rossi hanya rajin mengolah fisik dengan olahraga keras. Sedang refleksnya dilatih dengan spacial engine di sirkuit dirt track  miliknya di Italia. Sebab, untuk pegang M1 sungguhan dilarang pantia MotoGP, tanpa ada jadwal resmi.

Jadi, katanya ada pengembangan itu, jelas dari hasil testing dua kali, lalu bisikan mekanik yang saat ini giat cari solusi bersama pengembangan Yamaha Racing di Jepang. Jangan anggap MotoGP libur dan dilarang berlatih, tapi otak para insinyur saat ini sedang berusaha mengadopsi maunya Rossi dengan menciptakan komponen anyar. Ya, nantinya kembali diuji di Sepang dalam testing pramusim dari 2 – 4 Februari, dua minggu lagi.

Yakinnya Rossi kembali ditegaskan. “Harapan 2014 sangat tinggi. Target  berjuang untuk podium setiap akhir pekan. Saya yakin motor ini bisa diharapkan. Sekali lagi, saya sangat yakin,” tegas Rossi dengan seyakin-yakinnya. 

Semoga pernyataannya tidak hanya menyenangkan telinga para dealer Yamaha di Indonesia. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014: Isu ke Ducati, Lorenzo Nego Cepat Dengan Yamaha

MotoGP 2014: Livery Baru M1 Akan Kencang, The Doctor Ingin Balapan di Indonesia

MotoGP; Livery Yamaha M1 2014 Lebih Banyak Putih

MotoGP 2014: Lorenzo ke Ducati, Isu Liar atau Terencana?

 

 

 

BAGIKAN