nhk

MotoGP 2014 Sachsenring (Jelang): RCV1000R Pakai Katup Pneumatic, Tanpa SSG

 

 

ManiakMotor – Tahun pertama Honda RCV1000R di kancah MotoGP bisa dibilang gagal. Motor yang dibangun untuk Open Class itu, jadi bulan-bulanan Forward Yamaha dan Ducati.  Hasilnya keluar bintang-bintang dari mesinnya lantaran diupukuli.

Tahun depan bisa jadi situasi berubah. Setidaknya itulah yang disiapkan HRC saat ini untuk membenahi kinerja RCV1000R yang mesinnya dijual-jualin ke tim independen itu. Saat ini ada 4 unit RCV di grid MotoGP yakni milik Nicky Hayden dan  Hiroshi Aoyama (Aspar), Scott Redding (Gresini) dan Karel Abraham (Cardion AB Motoracing).

Agar tak lagi babak belur, HRC pun akan meningkatkan teknologi RCV1000R dengan sejumlah terobosan. Yang paling penting adalah penggunaan teknologi seksi pneumatic valve  yang musim ini tak dipasok dengan alasan biaya. Maklum, piranti itu bikin harga jual RCV1000R meningkat, sementara cita-cita Open Class adalah balapan yang lebih murah dan kompetitif.

Lantaran ndak kompeitif itulah makanya kini ditingkatkan. “Saya sebetulnya masih yakin RCV1000R di beberapa sirkuit mampu diandalkan dan pembalap bisa perlihatkan kemampuannya. Tapi, untuk musim depan, motor ini tetap butuh pengembangan mesin,” ujar Livio Suppo, Team Principal HRC.

Pneumatic valve atau klep yang menggunakan tekanan udara selenoid dari setrum aki tersebut untuk mengganti sistem pegas pada pada RCV1000R. Dengan pneumatic buka-tutup klep selalu mengikuti irama putaran mesin. Alatnya tergantung maunya engine, mesin sanggup pneumatic ayo-ayo wae.

Berbeda dengan per yang banyak floating, sulit mengimbangi putaran. Hasilnya akselerasi dan top speed kalah melulu. Karena reaksi per klep yang selalu terlambat menutup ruang bakar. Itu berakibat rekasi mesin juga kalah di tataran motor-moitor MotoGP. Ya kolo diberli buat drag bike di Indonesia, tetap saja menang hehehe.  

Sayangnya, Honda tak ingin melengkapi andalan mereka di Open Class dengan teknologi seamless shift gearbox (SSG). SSG hanya boleh di RC213V milik pabrikan maupun satelit. Maklumlah, harganya bisa jadi selangit dan melenceng dari tujuan utama digelarnya Open Class. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Honda Sanggah Meminati Crutchlow

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang); Cuaca Berubah, Ban Menjamin Pertarungan Sengit

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang); Bradl Diincar Pramac, Pengganti Iannone

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Hajar 176 Laps, Biaggi Puas Dengan Aprilia

 

BAGIKAN